4 Tools Yang Akan Meningkatkan Pemasaran Toko Online Anda Secara Drastis

Toko online anda mempunyai banyak traffic tetapi tingkat konversinya (pemasaran) rendah? Jangan terburu-buru menyalahkan traffic-nya dahulu. Siapa tau memang toko online anda yang tidak bisa menarik konversi ke tingkat yang lebih tinggi dari sekarang. Ini ada 5 (lima) tools yang dapat digunakan untuk mengembangkan pemasaran toko online yang anda kelola dikala ini :


coffee cupping photo


1. Live Chat! Sudah menjadi belakang layar biasa bila komunikasi dua arah antara pedagang dan pembeli akan mampu meningkatkan tingkat akidah pembeli terhadap produk yang kita jual. Komunikasi 2 arah memungkinkan kandidat pembeli untuk merasa terikat dengan toko online kita. Selain itu, calon pembeli juga mampu mendapatkan berita yang diharapkan (dan tidak ada di situs web) lewat komunikasi pribadi dengan pemilik atau pengelola atau bahkan customer service dari toko online anda. Dari segi pengelola, live chat berfungsi lebih banyak untuk mengenali jenis pelanggan yang anda hadapi. Selain itu, pastinya mengasah kesanggupan persuasi penjual.


Pertanyaan selanjutnya yaitu live chat mirip apa yang diharapkan? Ini pertanyaan mudah. jawabannya ialah live chat yang mampu dipakai paling gampang oleh calon pembeli anda. YM atau skype bisa menjadi opsi, namun keduanya memerlukan login dari pembeli. Untuk lebih simpel lagi Olark adalah salah satu penyedia live chat yang mampu anda pakai. Sangat mudah dipakai, hanya memasang scrypt di footer dan website anda langsung mempunyai live chat. Ketersediaan fasilitas ini akan menciptakan calon pembeli produk anda juga merasa kondusif.


Anak bangsa Indonesia yang menyediakan fasilitas live chat hebat : WG Chat. Lebih dari sekedar live chat, WG Chat bahkan menyediakan layanan manajemen antrian, manajemen transkrip, administrasi laporan dan layanan satu aplikasi untuk semua chat. Bagi anda pemilik toko online, bahkan mampu langsung memonitor aktivitas dan percakapan yang dilaksanakan oleh customer service anda. Mengapa ini powerful? Buat aku, konversi harus menjadi yang utama, salah satu caranya ya dengan senantiasa menganalisa cara kerja customer service. Semakin pendek waktu closing transaksi, makin andal CS kita itu.


2. Heat Maps! bukan Miami Heat, tetapi Heat Maps! Buat apa coba? Heat maps ini sungguh berguna untuk mengetahui perilaku traffic yang masuk ke toko online kita. Ibaratnya toko baju offline, kita akan mengetahui apakah hadirin toko kita lebih banyak menyaksikan-lihat di bagian kemeja, kaos atau jeans. Demikian juga di toko online. Heat Maps akan mendeteksi kemana pengunjung toko online kita berada. Tools ini intinya merekam pergerakan mouse dan klik pengunjung di situs web kita.


Dengan Heat Maps kita juga akan mampu memajukan user experience. Fokus terhadap bagian-bagian yang terdeteksi ‘panas’ oleh Heat Maps dan cobalah membuat ‘sesuatu’ disitu. Misalnya pada saat kita menunjukkan pilihan bonus, akan terlihat bonus yang mana yang lebih banyak disukai oleh hadirin. Mengetahui sikap mirip ini, bagi seorang marketer, yakni sangat penting. Tidak cuma mengatakan dilema konversi pemasaran, tetapi juga pengalaman berkunjung yang dialami oleh visitor. Hubungkan Heat Maps dengan Bounce rate situs web anda dan anda memiliki alat analisis sikap konsumen yang akurat. Tool heat maps ini mampu didapat salah satunya di : crazyeeg.


3. Riset. Nah ini juga penting. Riset konsumen akan membuat anda, pemilik toko online, lebih mengetahui keinginan pelanggannya. Riset ini mampu dilaksanakan dengan memasang widget survey di situs web anda. Jawaban dari setiap pertanyaan akan sungguh krusial dan jika diimplementasikan akan mampu memajukan penjualan. Salah satu cara untuk meriset pelanggan anda yakni dengan menggunakan User Testing. Tool ini bisa membantu anda untuk men-test website anda sendiri, situs web kompetitor bahkan hingga degan kedahsyatan landing page atau shopping cart yang anda gunakan.


Cara lain dengan menggunakan survey. Qualaroo yaitu tool yang menawarkan inline survey dari situs web anda untuk pengunjung. Dengan tool ini, anda mampu menanyakan pertanyaan yang sangat spesifik. Bahkan anda bisa menunjukkan bonus/ hadiah sesudah hadirin mengisi survey yang ada berikan. Hal penting lain dari bagian ini yaitu langkah yang anda tempuh sehabis anda tahu tanggapan dari pengunjung. Bagaimana anda akan memfollow up hasil riset dan survey yang anda kerjakan. Disini anda akan bisa mengunci konversi penjualan toko online anda lebih tinggi.


4. Behavioral targeting. Ini menawan. Kalau anda me-list building pengunjung, sangat susah untuk menyaksikan dan mengingat apa yang sudah pengunjung tersebut lakukan di website kita. Munculnya Vero kita bisa men-segmentasi pasar dari visitor yang masuk. Misalnya gini. Kita bisa mengirimkan email yang berlawanan dari dua leads yang berlawanan segmen. Vero bahka meng-klaim mampu mengantarkan email berdasarkan terhadap sikap konsumen kita. Seperti, ketika ada pelanggan yang meninggalkan shopping chart begitu saja sebab kesibukannya, Vero mampu mengirimkan email kepada pelanggan tersebut dan menjadikannya kembali lagi dan menuntaskan proses belanjanya.


Memang ada aneka macam cara untuk mengembangkan konversi penjualan toko online kita. Semua hal di atas jika tidak didukung dengan penanganan toko yang bagus justru tidak akan ada perkembangan. Maju terus pantang mundur!



Sumber mesti di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama