Cara mengantarsurat lamaran kerja lewat Email – Sekarang banyak perusahaan yang menerima surat lamaran kerja dalam bentuk file dan dikirim memakai surat elektronika (email).
Tentunya hal ini sungguh menguntungkan kandidat pelamar kerja karena selain menghemat ongkos untuk membeli kertas, amplop dan cetak foto. Mengirim lamaran kerja memalui email juga tidak melalui pihak ke tiga seperti satpam atau security namun pribadi terkirim ke email perusahaan yang bisa dibaca oleh HRD. Jadi prosesnya lebih mudah dan cepat.
Jika kamu belum pernah mengantarsurat lamaran melalui email, silahkan ikuti torotial ini.
- Langkah mengantarsurat lamaran kerja melalui email di hp
- Tips mengirim lamaran kerja via email
- Tips menciptakan lamaran kerja yang mau dikirim memakai email
Langkah mengirim surat lamaran kerja melalui email di hp
Time needed: 10 minutes.
Tak harus menggunakan laptop, kita juga dapat mengirim surat lamaran kerja email langsung dari ponsel. Caranya sungguh gampang sekali.
- Siapkan lamaran kerja dan lampiran yang diperlukan
Siapkan lamaran kerja, daftar riwayat hidup dan lampiran lain yang dibutuhkan.
- Gunakan Gmail yang ada di ponsel
Buka akun gmail » pilih tanda + yang ada di pojok bawah
- Isi alamat email tujuan, Subjek dan body
Isi kolom “terhadap” dengan alamt email tujuan » Isi kilom “subjek” dengan judul atau posisi lamaran » tulis email dengan data diri serta salam pembuka
- Lapirkan File dan kirim email
Lapirkan file lamaran kerja kerja dan lampiran lain dengan cara memilih ikon clip » kirim email dengan cara pilih tanda panah.
Saya yakin semua pengguna ponsel telah mengetahui bagaimana Cara mengirim surat lamaran melalui email via ponsel.
Namun supaya memiliki peluang besar untuk dipanggil wawancara, kita juga harus mengenali adat dalam mengantardan menciptakan lamaran kerja.
Berikut ini tips mengantardan membuat surat lamaran kerja via email dengan baik.
Tips mengirim lamaran kerja via email
Perusahaan menerima karyawan bukan hanya berdsarkan nilai dan kemampuan kandidat pekerja saja namun ada hal-hal lain yang mereka pikirkan.
Nah, hal pertama kali yang bisa kita kalukan untuk menarik minatHRD adalah dengan membuat surat lamaran kerja yang baik dan lengkap.
Berikut tips dalam mengirim sura lamaran kerja lewat email:
Gunakan email utama
Usahakan dikala mengantarfile penting mirip lamaran kerja, gunakan email khusus atau email utama agar memudahkan kita dalam menganalisa email.
Jangan memakai email yang dipakai untuk mendaftar media umum mirip facebook, twitter dan lain sebagainya.
Karena semua aktifitas di media umum akan dikirim ke email. sehinggai email penting dan email dari media sosial akan tercampur dan akan mempersulit mengecek email peting yang masuk.
Jika belum memiliki email silahan buat email dan tambahkan email ke ponsel. Karena ponsel mampu menampung lebih dari satu akun email. Baca Cara menyertakan beberapa akun Google di hp android
Gunakan email yang mirip dengan nama
Agar tampakprofesional dan terkesan tidak main-main, gunakan akun email yang mirip nama orisinil. Contohnya “Anita astasya” maka buat akaun email yang nyaris mirip yakni anitaanastasya123@gmail.com.
Jangan menggunakan email yang alay seperti nitacankkamu@gmail.com. Karena hal semacam ini akan tampaktidak bersungguh-sunguh sehingga menimbukan kesan negatif di mata HRD.
Isi subjek/judul email dengan benar
Fungsi subjek email adalah untuk menunjukan suatu tujuan dari email.
Pada surat lamaran peerjaan sendiri kita bisa isi Subject email dengan format posisi pekerjaan dan nama kita.
Lamaran Cutomer Service – Anita Anastasya.

Memang di beberapa lowongan pekerjaan ada yang mencantumkan atauran dalam pengiriman surat lamaran kerja termasuk mengisi subject email. Namun banyak banyak juga yang tidak.
Akan tetapi,jauh lebih baik jika kita mengisi subjec tersebut meskipun di lowongan perkerjaandiharuskan. Karena dengan mengisi subjek email yang kita kirim, HRD dapat dengan mudah mengetahui tujuan pesan yang masuk.
Selain subjec email, kadang ada perusahaan yang meminta untuk mengisi CC dan BC. Nah, untuk mengisi CC dan BC silahkan tekan tanda panah di kolom terhadap berikut ini:

Isi body/badan email
Banyak orang yang mengirim surat lmaran kerja lewat meial cuma mengantarfile lamaran dan lampirannya saja.
Tidak salah memang, namun supaya terlhat bersungguh-sungguh kita mesti mengisi tubuh email dengan data diri dan tujuan ecara singkat.
Tujuannya adalah untuk memperkenalkan diri kita dan samalm pembuka.

Dengan hormat
Sesuai info di website infolowongankerja.com, bahwa PT Setya Abadi memerlukan seorang Customer Service wanita. Maka dengan email ini aku:
Nama: Anita Anastasya
Pendidikan: S1 Ilmu komunikasi Universitas Muria Kudus, lulus dengan I.P.K 3.23
Pengalaman: Sebagai Customer Service di P.T Telkom
Bermaksud untuk mengisi lowongan kerja tersebut. Data diri lengkap dan lampiran saya kirim dalam bentuk file attachment.
Atas perhatian bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.
Hormat saya
Anita Anastasya
Jangan mengirim email lebih dari satu kali
Jika telah mengirim satu email jangan mengantarlagi email yang serupa ke perusahaan karena mengantaremail sama secara berlebihan mampu dianggap spam oleh Google.
Email yang dianggap spam oleh google tidak akan muncul di folder utama melainkan masuk ke older spam. HRD kemungkinan kecil membuka folder spam pada email.
Untuk mengetahui apakah email telah terkirim atau belum, sesudah menekan tombol kirim pribadi cek email keluar.
Tips membuat lamaran kerja yang hendak dikirim memakai email
Selain cara pengantaran, perhatikan juga cara penulisan lamaran kerja. Atur penulisan lamaran kerja agar terlihat rapi dan lezat dibaca.
Rapikan surat lamaran dan daftar riwayat hidup
Atur goresan pena di word semoga terlihat rapi sehingga tenteram dibaca. Seperti membenahi bagian titik dua (:) sesudah nama, alamat dan daerah tanggal lahir.

Buat titik dua semoga sejajar dengan lainnya menggunakan left tab. Atau bisa baca cara merapikannya di postingan ini Cara mengatur titik dua di word biar sejajar
Gunakan font yang formal dan ukuran yang pas
Hindari penggunaan font modif meskipun terlihat anggun, alasannya ini sifatnya formal jadi harus memakai font formal saja.
Font yang formal yang paling banyak dipakai yaitu Times New Roman dan ukuran font tolok ukur penulisan adalah 14.
Kamu mampu memakai font dan ukuran di atas.
Masukkan tanda tangan elektronik di bab nama (opsional)
Agar surat lamaran kerja lebih terlihat menawan, pada bagian tanda tangan, kita bisa isi dengan tanda tangan elektronika.

Car membuat tanda tangan elektronik juga sangat gampang karena bisa menggunakan ponsel kita. Baca Cara scan tanda tangan memakai Hp 100% berhasil
Scan data (lampiran) asli dan jangan di edit
Selain Curiculum Vite (CV) lampiran yang sering diwajibkan untuk melamar pekerjaan yakni:
- Scan KTP
- Ijazah terakhir
- Transkrip Nilai
- Sertifikat yang berhubungan dengan perkerjaan
- SKCK
- PAS Foto
Scan lampiran tersebut menggunakan scanner orisinil semoga dokumen terlihat terperinci.
Bagaimana bila dokumen discan memakai ponsel?
Bisa, akan namun file yang dihasilkan lebih besar dan jikalau dikecilkan hasilnya menjadi kurang jelas. Sedangkan ukuran file yang dapat diantarmelalui email yaitu 2 Mb.
Makara lebih baik gunakan scanner asli supaya kesudahannya lebih cantik. Selain itu scanner orisinil dapat membuat file berukuran kecil namun gambar terlihat terperinci.
Jangan edit dokumen degan argumentasi apapun sebab walaupun kita sudah mengirim lamaran kerja secara online, perusahaan akan tetap meminta surat lamaran tertulis ketika dipanggil untuk wawancara.
Jika dokumen yang kita kirim lewat email ternyata tidak sesuai dengan dokumen asli, Kecil kemungkinan kita diterima perusahaan tersebut.
Itulah kiat menciptakan dan cara mengantarsurat lamaran kerja menggnakan email. Semoga berfaedah…
Sumber spurs.com