Cara “Terselubung” Produsen Minuman Beralkohol Di Indonesia Untuk Meningkatkan Penjualan Melalui Merk Activation

Alkohol di Indonesia masih hal yang sungguh tabu dan sensitif yang menjadikan aktivitas penawaran spesial produsen alkohol di Indonesia masih sungguh terbatas dalam pergerakannya. Beberapa undang-undang dan regulasi sudah menunggu bila ada pelanggaran dalam penawaran spesial produk alkohol tersebut. Produsen alkohol harus memutar otak dengan keras untuk mendapatkan taktik apa yang cocok dan terbilang “kondusif” untuk mengiklankan produknya. Contohnya mirip menciptakan sebuah program musik yang menghadirkan beberapa artis dan musisi internasional dan melaksanakan brand activation disana. Seperti perusahaan alkohol GUINNESS yang mengadakan Guinness Arthurs Day.


brain photo


Seperti yang kita pahami Brand Activation ialah salah satu bentuk promosi merek yang mendekatkan merek dengan penggunanya melalui aneka macam kegiatan yang menawan perhatian konsumen.  Adapun tujuan dari merk activation ini yakni menciptakan suatu komunikasi berjalan dua arah. Maksudnya, jika selama ini iklan TV, radio, dan print ad cuma mengatakan satu arah (pelanggan terhadap produsen, tidak ada interaksi timbal balik) maka brand activation ini yaitu desain berpikir (komunikasi) yang justru menghendaki interaksi pribadi dari pelanggan. Beberapa kelebihan merk activation yakni adanya interaksi langsung antara brand dengan pelanggan. Hal ini akan menciptakan relasi konsumen terhadap brand makin akrab. Ketika kekerabatan sudah semakin erat maka konsumen akan dengan bahagia  hati membeli produk dan mempromosikan produk suatu brand terhadap sahabat-temannya. Kegiatan ini umumnya dilakukan oleh merk yang telah punya nama. Namun, merk activation ini juga masih mempunyai kelemahan yaitu  membutuhkan biaya yang tak sedikit, serta penyusunan rencana yang masak sehingga waktu yang dikorbankan-pun relatif lebih banyak.


Konsumen semakin akil dan adanya beberapa peraturan, mengiklankan produk beralkohol tidaklah efektif secara berkeseluruhan. Kaprikornus konsumen harus eksklusif mencicipi suatu pengalaman, namun juga ada sentuhan dan merasakan langsung faedah dari produk alkohol tersebut semoga nanti mampu lebih mengingat brand tersebut. Brand activation yang dijalankan pada program musik, seperti Guiness Arthurs Day, dapat melakukan penempatan atau positioning pada para konsumennya. Acara musik sungguh banyak faedah dan tujuan, bagi produsen pun akan menjadi ajang untuk merekrut konsumen gres. Jadi mampu dibilang bahwa brand activation melalui sebuah program music yakni cara baru untuk melakukan penawaran khusus bagi perusahaan alkohol yang ingin membesarkan brandnya dan merekrut pelanggan gres.



Sumber harus di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama