Facebook Ads Adalah Tentang Keakuratan Segmentasi Pasar

Pernah bermain-main dengan Facebook Ads? Kalo iya, niscaya sudah pernah merasakan kedasyatannya, baik untuk branding atau untuk mencari konversi. Buat saya, facebook ads ialah simbol kekuatan keakuratan segmentasi pasar yang hebat. Segmentasi pasar itu bermakna kita mengelompokkan pasar target karena mempunyai kesamaan diantaranya. Segmentasi pasar, berdasarkan Philip Kotler, dibagi menjadi 3, adalah geografi, demografi, dan psikografi. Nah, cuma di facebook ads kita mampu memperoleh ketiganya.


facebook photo


Segmentasi geografi itu membagi pasar ke dalam wilayah, bisa menurut negara, negara bab (states), distrik, kabupaten, kota, kecamatan, bahkan hingga ke desa. Segmentasi geografi ini dilaksanakan dengan menatap bahwa kebutuhan/impian warga kota tersebut akan sama sebab kesamaan geografi yang dimilikinya.


Segmentasi demografi, membagi pasar menurut umur, gender, status perkawinan, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, agama, sampai dengan ras. Umur 18-26 pastinya berlawanan kebutuhan dengan 55-64. Laki-laki juga akan membutuhkan barang/jasa yang berlainan ketimbang perempuan.


Yang terakhir, segmentasi psikografi, membagi pasar ke dalam keadaan psikologisnya. Bukan memiliki arti yang aneh dikumpulkan jadi satu dengan yang asing, tetapi lebih terhadap atribut perilakunya. Misalnya dengan membagi ke kelas sosial atau life style nya. Kelas sosial yang A+ (kaya), secara psikologis akan berbelanja barang untuk pemenuhan ego/gengsinya, bukan untuk pemenuhan kebutuhan akan fungsi barang tersebut. Bahasa mudahnya, orang kaya beli ballpoint MontBlac (gengsi), orang biasa akan beli Pilot (fungsi).


Ketiga segmentasi ini menjadi satu di Facebook Ads. Berterima kasihlah kepada 1 Milyar penggunanya yang telah secara sukarela menunjukkan data-data ini terhadap Facebook. Terima kasih juga Facebook karena kini kita mampu beriklan di Afrika Selatan, Ghana, Brasil, Peru bahkan hingga Nepal; tanpa kita harus pergi kesana. Bisa milih lagi, orang Afrika Selatan dengan umur 30-45 dan menggemari Anjing (interest). Kalo saya mau ekspor makanan anjing, ya disini ngiklannya. Ini yang dinamakan laser targeted. Semakin tertarget, semakin cantik.



Sumber harus di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama