Mengerti Arti Ctr-Ts, Ctr-Trk, Conversion, Roi, Epv Dan Epc – Perumpamaan Penting Di Affiliate Marketing

understand photo
Photo by timparkinson

Dunia affiliate marketing bahwasanya yakni dunia bisnis, artinya semua paremeter mampu diukur, diperkirakan dan diketahui karenanya. Jika Anda ber-iklan disebuah traffic sources menggunakan banners, maka banners Anda tersebut akan tayang di jaringan publisher yang tergabung dalam traffic sources tersebut. Sederhananya begini, seperti Google, jaringan publisher-nya ialah blog-blog yang memasang adsense. Bagaimana banners anda itu tayang, pastinya sesuai dengan parameter yang anda inputkan pada ketika anda memasang iklan tersebut.


Saat ini yang paling biasa ada dua jenis perhitungan biayanya, yaitu CPM = Cost Per Million Impression dan CPC = Cost Per Click (CMIIW). Pada modus CPM anda membayar iklan per 1000 kali tayang. Berapa banyak banner anda di klik, anda tidak keluar ongkos lagi. Sedangkan CPC kebalikannya, anda membayar biaya setiap kali banners anda di klik orang. Kedua modus ini sering aku pakai, tetapi jikalau dihadapkan pada dua opsi, saya akan cenderung memakai CPM, kenapa? Bisa lebih hemat jikalau banner dan ads-copy kita memang manis.


Jika banner 100.000 kali tayang dan ada 20.000 orang melakukan klik itu artinya CTR TS (CTR di traffic source) yaitu 20.000/100.000 x 100 = 20% dan bila CPC Cost nya $0.01/clik maka total COST nya ialah 20.000 x 0.01 = $200. Pengertian CTR itu sendiri yakni Click Through Rate, rasio jumlah Click terhadap Impression, kian tinggi makin baik.


Nilai CTR TS ini lazimnya ditentukan oleh ads copy dan image pada banners. Oleh karenanya sungguh penting sekali untuk menawarkan banyak banners dan melakukan split test kepada banners tersebut.


Ada juga beberapa traffic sources yang mempunyai fitur Pop-up dan Redirect Ads. jika memakai model ini anda tidak perlu Banner, karena traffic akan eksklusif dikirim ke landing page (Lander) anda. Makara posisi CRT TS nya niscaya 100%.


Makara kesimpulan pertama:


CPC = $0.01/click

Impression = 100.000

Click = 20.000

CTR = 20%

Total Cost = $200


Iklan anda pastinya akan diarahkan ke landing page yang anda buat. Landing page ini umumdisebut Lander atau Pre-Sell Page. Kenapa mesti ada Landing Page atau Lander dahulu, tidak eksklusif saja ke Offer Page? Salah satu argumentasi kuatnya adalah, Lander ini yang akan membedakan campaign anda dengan affiliate lainnya, lengkapnya nanti aku diskusikan khusus perihal landing page atau lander.


CTR.003


Jumlah klik yang masuk akan menjadi ‘visit’ di lander Anda. Disinilah letak penawaran anda, dan disini pula nilai konversi dipertaruhkan. Lander yang tepat bisa membuat campaign anda menghasilkan profit yang hebat. Tapi bisa juga, suatu lander merusak campaign anda. Lander baik semestinya mampu meyakinkan leads yang datang untuk bertindak. Oleh alhasil sangat penting juga untuk melakukan split test. Artinya anda mesti mencoba beberbagai jenis dan konten lander yang berlainan. Perlu pembahasan khusus tentang Lander ini, mirip aku bilang di atas, saya akan diskusikan khusus… #KalauSempet


Pada lander yang dibuat harus terdapat tombol action yang jika di klik akan mengarah pada offer page. Ini yang disebut dengan Call To Action Button (CTA). Semakin banyak orang yang melakukan klik pada CTA menandakan lander anda kian baik dan ini yang saya sebut dengan CTR Tracking (CTR TRK).


Jika dalam masalah ini ada 10.000 orang melakukan klik pada CTA Button, artinya CTR TRK adalah 10.000/20.000 * 100 = 50%, dengan kata lain ada 10.000 traffics (yang menekan tombol CTA) mengarah ke offer page. Akibatnya ialah CONVERSION! Berapa konversi yang terjadi? Jika konversi yang terjadi yaitu 200 konversi dan nilai Payout-nya per Conversion nya $1,5, maka REVENUE Anda yakni 200 x $1,5 = $300 dan nilai Conversi-nya atau CR (Conversion Rate) 200/10.000 = 2,00% dan nilai CV (Conversion Visit) 200/20.000 = 1,00%


Hal lain yang sungguh penting untuk dikenang, CTR TRK yang tinggi belum pasti merupakan menerangkan bahwa lander anda bagus. Karena elok atau tidaknya Lander bukan ditentukan oleh tingginya nilai CTR TRK, namun di pastikan oleh nilai Conversion, CR (Conversion Rate) & CV (Conversion Visit).


Jika ada Lander dengan 5000 click dan menciptakan Conversion 300, artinya:


CTR TRK -> 5000/20.000 = 25%

Conversion -> 300

CR -> 300/5000 x 100 = 6,00%

CV -> 300/20.000 x 100 = 1,50%

REVENUE -> 300 x $1,5 = $450

PROFIT -> $450 – $200 = $250

ROI -> $250/$200 x 100 = 125%


Bandingkan dengan yang pertama ini:


CTR TRK -> 10.000/20.000 = 50%

Conversion -> 200

CR -> 200/10.000 x 100 = 2,00%

CV -> 200/20.000 x 100 = 1,00%

REVENUE -> 200 x $1,5 = $300

PROFIT -> $300 – $200 = $100

ROI -> $100/$200 x 100 = 50%


Jadi, meskipun nilai CTR TRK lander kedua lebih rendah, namun nilai konversinya lebih tinggi, saya lebih mempertahankan lander yang kedua.


Perhitungan di atas hanya menggambarkan conversion. Sementara kinerja dari Offer tidak tampakdan Payout dari tiap offer berlainan-beda. Untuk menyaksikan kinerja dari offer dan Campaign secara keseluruhan ukurannya memakai EPV (Earning Per Visit) dan EPC (Earning Per Click).


Efisiensi campaign anda kepada Cost dan Revenue diukur menggunakan parameter ini. EPV = Revenue/Visit dan EPC = Revenue/Click. Semakin tinggi nilai EPV dan EPC, makin bagus kinerja Campaign secara keseluruhan.


Kasus Pertama

REVENUE -> 200 x $1,5 = $300

EPV -> $300/20.000 = $0,015

EPC -> $300/10.000 = $0,03

Artinya per-visit Campaign anda menciptakan $0,015 atau per-click Campaign anda menciptakan $0,03


Kasus Kedua

REVENUE -> 300 x $1,5 = $450

EPV -> $450/20.000 = $0,0225

EPC -> $450/5000 = $0,09

Artinya per-Visit Campaign anda menciptakan $0,0225 atau per-click Campaign anda menciptakan $0,09


Affiliate Marketing adalah Bisnis dan Pengetahuan. Pelajari ini dengan baik dan anda tidak hanya mendapatkan $$$ namun anda juga menerima wawasan yang bisa diwariskan pada anak dan keturunan anda. Affiliate Marketing adalah profesi yang dibangun dengan wawasan, jadi bila anda pelajari dengan benar, maka tidak ada perumpamaan isu terkini “GALAU” dalam hidup Anda. Affiliate Marketing bisa jadi opsi hidup koq dan untuk melakukannya dengan benar, tidak butuhbegadangan dari pagi sampai pagi, terlebih nggak mandi seminggu…


Ketekunan mengalahkan kepintaran, sudah ah, kelelahan, lain kali kalau lagi iseng nulis lagi….



Sumber mesti di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama