Pentingnya Penyeleksian Ad Image Dalam Beriklan Untuk Pasar Lokal : Studi Masalah Iklan Fb Ads

baimBagi temen-temen yang mengikuti timeline aku di Facebook (Ini tautan profile aku : Wientor Rah Mada), niscaya paham betapa aku saling ledek dengan sahabat saya, salah satu internet marketer dengan earning yang diatas rata-rata, namun wajahnya pasaran : Husni Mubarok (photonya itu yang di sebelah kiri), yang tinggalnya tidak mengecewakan jauh. Di Bekasi. Panggilan artisnya juga keren : Kevindze. Entah ia ide dari nama dia memilih nama artis itu. Saya sih manggil beliau Baim. Biar dekat.


Setelah berulang kali saling ledek, dan semakin ngeselin, kesudahannya aku memutuskan untuk ‘ngerjain’ Baim dengan mengiklankan salah satu postingan wacana rumah barunya. Iya, Baim baru saja renovasi rumah dan pernah suatu ketika memposting kondisi rumahnya yang gres saja dipasang wallpaper.


Postingannya seperti di bawah ini :


rumah baim


Kemudian postingan Baim ini aku share melalui fanpage BixBux dan kemudian aku iklankan dengan adcopy :


iklan baim


Clear, iklannya adalah tentang >> Nyari orang untuk magang untuk BixBux.


Gambarnya yaitu rumahnya Baim yang seakan-akan saya jadikan basecamp-nya BixBux. Saya menggunakan Boospost untuk iklannya. Target sembarang saja, alasannya memang tidak berniat untuk jualan. Murni tujuannya yakni untuk ngerjain Baim.


Statistik iklannya mirip ini. Not bad lah untuk iklan yang sembarang pilih dipasang. CPC nya cuma $0.001 dengan CTR 16,83%. Lama iklan : 2 hari (padahal saya udah set buat sebulan hehehe..).


Iklan Baim Baim


Yang justru mengejutkan justru hasil dari iklan ini. Baim kebanjiran add friend dan message dan seluruhnya menanyakan wacana : WALLPAPER! dan tidak ada satupun yang nanya wacana magang.


Ini komen yang ada di iklan tersebut yang menanyakan WALLPAPER :


komen


Dan masih berlanjut..


Komen lanjut


Malem kemaren risikonya saya berdiskusi dengan Baim, kami berdua sepakat, bahwa untuk memburu pasar Indonesia memang Facebook Ads yang paling juara. Hal lain yang bisa diambil manfaatnya dari iklan ini yakni :



  1. Pasar indonesia sungguh visual. Mereka jarang membaca. Bacaan yang panjang dan rumit akan terlupakan begitu saja. Oleh alasannya itu, ad image yang diseleksi akan sungguh mempengaruhi kinerja iklan.

  2. Jelas sekali, ad image yang elok jauh lebih penting dibandingkan dengan adcopy yang bombastis. (Dikarenakan hukum ketat wacana clickbait, maka ini akan menyelamatkan orang-orang yang suka ber-clickbait ria)

  3. Walaupun iklan ini berhasil membuatBaim gelagepan balesin message, namun menurut saya akan jauh lebih ‘berhasil’ bila ada nomer telepon/pin BB/Nomer Whatapp/Line. Sudah menjadi diam-diam biasa bahwa pasar Indonesia masih belum sepenuhnya digital. Untuk berdagang di pasar setempat, diharapkan Customer Service yang bisa dihubungi oleh calon pembeli. Meskipun (misalnya) semua telah diterangkan di adcopy/situs web, masih banyak yang menanyakan hal yang serupa terhadap Customer Service.

  4. Pasar setempat sungguh suka di’sodorin’ barang. Sudah menjadi habit untuk orang Indonesia suka yang gampang-gampang. Beli rokok tinggal panggil pengasong. Beli aqua galon tinggal dianterin. Beli bensin juga dilayanin (padahal kalo di negara bule, beli bensin ya self service, gak ada peugas pom bensin-nya). Beli apa aja sudah di set gampang di negara ini. Kesukaan pasar lokal terhadap Visual iklan membuat pikirannya ketutup. Jarang calon pembeli yang riset (harga) lagi. Jadinya banyak barang yang d Tokopedia harganya 12 ribu dijual 120 ribu dengan berhasil. Tentu saja dengan bantuan Customer Service yang pro-aktif.


Jadi, susahlah. Ad image (gambar) itu pentingnya selangit. Dan ini panduan perihal ukuran ad image di Facebook Ads yang pernah diposting oleh Jon Loomer untuk iklan jenis Click To Web (CTW) dan Page Post Engagement (PPE) :


**Note : Perhatikan Image Size pada Design Spec!


IKLAN CLICK TO WEB (CTW)


1


TAMPILAN IKLAN UNTUK CLICK TO WEB


2


IKLAN CLICK TO WEB (CTW) : TAMPILAN PRODUK BANYAK


3


TAMPILAN IKLAN UNTUK CLICK TO WEB : : TAMPILAN PRODUK BANYAK


4


IKLAN PAGE POST ENGAGEMENT


5


TAMPILAN IKLAN PAGE POST ENGAGEMENT


6


Nah, tetapi intinya, buat yang masih agak galau perihal penyeleksian ad image di FB Ads, tutorial generiknya yaitu seperti ini :



  1. Untuk iklan Click to Web (CTW) atau Page Post Engagement (PPE) yang di dalamnya terdapat link URL, ukuran gambar yang ideal yaitu 1200 x 627 pixels.

  2. Kalau anda mengiklankan fanpage (untuk page likes), pastikan ukuran gambar yang digunakan sama dengan ukuran Facebook Cover Photo, ialah 815 x 315 pixels, Sama juga bila anda mempromosikan Event.


Sementara itu, tools yang biasa aku gunakan untuk memformulasikan Ad Image di Facebook Ads yaitu :



  • Canva. Ini tool dasyat. Tidak cuma untuk facebook, tapi mereka juga menawarkan banyak template untuk kebutuhan gambar di Twitter, Poster, Infographic, Social Media bahkan sampai dengan presentasi.


canva



  • PicMonkey. Speednya lebih lambat dikit dari Canva, tetapi punya banyak kelebihan. Salah satunya bisa upload Fonts kita sendiri dan mempunyai fitur multiple layers.


picmonkey


 


Pyuhhhh..itu bahasan tuntas aku ihwal dasyatnya penyeleksian Image di Facebook Ads.


Semoga berfaedah!



Sumber mesti di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama