Pernahkah Anda Bertanya-Tanya Mengapa Suatu Minimarket Atau Kedai Makanan Banyak Yang Lokasinya Berdekatan?

Suatu waktu aku pernah mencari suatu Minimarket, tetapi sangat susah sekali untuk mencarinya. Ketika saya tiba di sebuah kawasan dimana ada Minimarketnya, malah disana juga terdapat banyak Minimarket serupa tetapi beda perusahaan. Logika saya menyampaikan bahwa kenapa tidak seharusnya lokasi Minimarket ini berjauhan, alasannya adalah selain mencari pasar yang baru, juga menghemat persaingan dalam bisnis. Jac De Haan dalam salah satu materinya di TED menyampaikan beberapa balasan dari pertanyaan aku tersebut, perihal mengapa sebuah toko yang sama akan membuka usahanya di suatu kawasan yang serupa. Jac menyebutnya dengan “Hotelling’s Model Of Spattial Competition” Jac mengilustrasikan tanggapan dalam sebuah video dengan menggunakan tokoh seorang pedagang es krim bernama ED di pantai.


Ed akan mengambil suatu posisi terbaik adalah di tengah pantai dimana beliau merasa posisi tersebut yaitu posisi terbaik untuk menerima banyak pembeli karena memang posisi itu cukup mudah tampakoleh banyak orang. Dimanapaun lokasi calon pembeli di pantai itu kurang lebih akan memiliki jarak tempuh yang serupa ke lokasi tersebut alasannya memang lokasi tersebut berada di tengah. Hal inilah yang disebut “Socially Optimal Solution” (S.O.S.), yang kurang lebih artinya yakni membuat lebih mudah akses para pembeli anda untuk mendatangi lokasi bisnis anda darimanapun kandidat pembeli anda berangkat. Sebuah tantangan baru timbul dikala pesaing anda membuka toko yang sama persis dengan toko anda, dengan produk yang sama persis pula plus sasaran konsumen yang serupa. Mau tak ingindisini anda akan berlomba dengan memaksimalkan lokasi bisnis dan berebut pasar dengan si pesaing. Saat lokasi bisnis sudah habis atau tidak ada lagi yang bisa untuk dimaksimalkan, anda dan pesaing anda akan memperoleh suatu titik yang disebut “Nash Equilibrium” (titik kestimbangan Nash.)


Titik ini adalah dimana anda dan pesaing anda tidak mampu melaksanakan apa-apa lagi dalam hal mengoptimalkan lokasi bisnis, anda saat ini sduah memiliki kekuatan yang sama di sebuah lokasi bisnis tersebut. Cara satu-satunya untuk mengungguli bisnis ialah dengan memfokuskan dengan seni manajemen marketing dan menajamkan ujung tombak promosi anda. Diferensiasi dan positioning jelas juga dibutuhkan disini. Anda bingung dengan klarifikasi diatas? Tenang saja, video dibawah ini akan menjelaskan kepada anda melalui animasi dan jalan cerita yang menawan dan gampang dicerna. Selamat menonton!


Photo by dno1967b



Sumber mesti di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama