6 Hal Yang Mesti Dilaksanakan Perusahaan Di Abad Digital

Lansekap pasar telah berubah. Marketing konvensional yang mengandalkan pola hubungan ‘Company –> Market’ sudah lumpuh. Dimulai dengan perubahan perilaku ‘market’ yang semakin invisible, perusahaan harus mampu meliuk-liuk di periode digital ini. Harvard Business School telah merumuskan 6 (enam) hal yang mesti dilakukan untuk tetap bertahan :


digital3


RETHINKING Customer and Industries

1. Fokus terhadap keperluan sosial

Pemikiran tradisional mengenai pemenuhan kebutuhan dasar customer mirip sandang, pangan dan papan sudah menjadi pijakan dasar pemasaran selama bertahun-tahun. Akan namun, revolusi sosial digital telah mengganti kebutuhan dasar menjadi keseimbangan koneksitas antara satu customer dengan yang lainnya. Fokus kepada kebutuhan sosial itu memiliki arti memahami arah percakapan customer.


2. Membangun ekosistem dan bisnis model yang baru

Di masa digital mirip kini ini, keunggulan bersaing diciptakan dari keterikatan kita dengan ekosistem industri yang mengganti secara eksklusif diri kita dan kompetitor.


DESIGNING Social and Digital Strategies

3. Mengembangkan sosial dan digital seni manajemen

Merespon pergantian yang terjadi di market dengan mengimplementasikan strategi digital yang cocok. Perusahaan seperti American Express, Nike dan Harvard telah sukses menangani keperluan sosial pelanggannya, sehingga menghemat biaya retensi dan akuisisi konsumen termasuk juga menekan ongkos bikinan.


4. Perpindahan konsumen ke online marketplace

Mengembangkan seni manajemen digital membutuhkan kesiapan integrasi metode operasi offline dan online. Tidak hanya meresapi Integrated Marketing Communication saja, tetapi juga menjadi manual operasional yang harus diterapkan gotong royong.


IMPLEMENTING Digital and Social Strategies

5. Penetrasi pasar baru > Digital Market

Facebook, Google, You Tube sampai dengan aplikasi mobile sudah merubah market kita menjadi lebih cerdas dan well-informed. Mereka inilah change-driver yang merubah paksa perusahaan kita menjadi lebih sosial dan digital. Disini pentingnya mempergunakan social media, outbound dan inbound marketing untuk meraih kelebihan berkompetisi. ingat, yang cepat senantiasa lebih unggul dibandingkan dengan yang besar.


DEVELOPING Organizational Capabilities

6. Identifikasi keperluan perusahaan untuk perubahan

Siapkan diri kita untuk berganti. DNA perusahaan harus kita rancang sedemikian rupa sehingga mengakomodasi kebutuhan sosial digital konsumen.


Pertanyaannya yaitu : siapkah kita?



Sumber mesti di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama