Teknologi travel. Bagi sebagian orang traveling merupakan cara terbaik untuk keluar dari rutinitas kerja yang melelahkan. Namun tidak jarang juga traveling menjadi bagian dari pekerjaan sebagian orang lainnya. Seiring perkembangan zaman kegiatan perjalanan telah menjadi industri tersendiri yang menjanjikan laba besar.
Saat ini dunia terbaru disebut juga sebagai dunia digital: teknologi berperan besar di setiap industri. Tidak terkecuali industri perjalanan, salah satu industri teratas yang menikmati evolusi teknologi.
Teknologi sudah menguntungkan para pelancong, agen perjalanan, dan penyalur. Penyalur, dalam hal ini, ialah perusahaan yang menunjukkan layanan perjalanan. Agen perjalanan hanya memasarkan layanannya atas nama perusahaan transportasi. Semua pemain ini menikmati laba teknologi tersebut.
Jadi, apa saja inovasi yang telah mengubah industri perjalanan itu? Nah, simak bahasan Tech.co wacana 6 inovasi industri perjalanan ini, ya!
- Pemesanan Online
Inovasi yang satu ini sudah merenggangkan beban bahu wisatawan. Bertahun-tahun lalu konsumen harus menjalani antrian panjang penantian pemesanan tiket penerbangan atau bus. Ini telah berganti dalam tahun-tahun belakangan dan perjalanan jadi lebih gampang tanpa mesti mengantri.
Pelancong mampu memesan tiket penerbangan dan bus online secara sederhana. Ini artinya, konsumen . Harapannya yaitu layanan pemesanan online akan menjadi lebih baik ke depannya. Sehingga mengurangi kejenuhan dalam pembayaran perjalanan dan memaksimalkan kenyamanan pelancong.
- Global Positioning System
Global Positioning System (GPS) adalah inovasi lain yang sangat menguntungkan industri perjalanan. Fitur teknologi ini pertama kali diperkenalkan di perangkat bergerak. Namun kini dipakai oleh para wisatawan dan distributor perjalanan lintas dunia. Pelancong menggunakannya untuk menjelajahi kawasan-tempat gres yang mengambil alih ketergantungannya pada seorang guide perjalanan.
Perangkat GPS lebih kecil dan lebih efisien daripada peta besar. Juga perangkat ini lebih akurat dan dapat mengemban amanah. Apalagi sudah ada perangkat GPS genggam yang memudahkan navigasi dan nyaman bahkan saat kamu bepergian, berperahu, memancing, atau pergi ke kawasan-tempat yang cuma sedikit pengunjungnya. Agen-agen perjalanan juga menempatkan perangkat pelacak GPS pada armada mobilnya. Dengan ini mereka mampu melacak kendaraan di manapun demi keselamatan.
- E-Tiket
Inovasi lain yang mengubah industri perjalanan ialah metode tiket elektro. Biasanya ini dipraktekkan pada transportasi udara. Contohnya, setiap anggota Asosiasi Transportasi Udara Internasional disarankan memakai tata cara tiket elektronika untuk para pelanggannya. Dengan tiket mirip ini maka pelanggan tidak perlu menanti tiketnya jadi dalam bentuk surat tolok ukur.
E-tiket juga berfungsi pada reservasi online dan tiket akan dikirimkan kepada turis lewat email ketika mereka siap pergi atau menurut pemesanan mereka. Fitur ini menguntungkan distributor perjalanan dan pelancong. Di segi pelancong mereka tidak perlu cemas kehilangan tiket kertasnya. Agen perjalanan juga tidak perlu khawatir ihwal ongkos seperti pengadaan kertas dan kebutuhan cetak mencetak. Selain itu juga lebih mudah membawa e-tiket dibandingkan dengan tiket kertas.
- Chip Identitas untuk Pelacakan Tas
Perusahaan perjalanan tidak perlu cemas ihwal pertanggungjawaban atas kehilangan kopor. Hampir semua perusahaan penerbangan dan bus menyematkan chip identitas pada kopor pelanggan. Dengan cara ini mereka dapat menggunakan sistemnya untuk melacak dengan sempurna lokasi tas.
Pelanggan juga menyematkan perangkat pelacak di tasnya dan mereka mampu dengan gampang mengontrolnya lewat aplikasi di teleponnya. Dalam hal ini para turis tidak harus selalu mendatangi bagian customer support untuk meminta sumbangan jikalau kehilangan tasnya.
- Analisa Prediksi
Inovasi ini khusus digunakan oleh perusahaan perjalanan. Para travel perjalanan menggunakan alat dan aplikasi terkait untuk mengakses data yang terukur. Dengan cara ini mereka dapat mengetahui kegiatan atau acara wisatawan sebelumnya beserta tingkat keaktifannya pada waktu tertentu sepanjang tahun.
Mereka dapat juga menentukan tren ke depan yang hendak membantu mereka mempersiapkan administrasi dengan lebih baik. Terima kasih, analisa prediksi.
- Manajemen Media Sosial
Jaringan sosial media mendominasi dunia internet hari ini. Pelancong bergantung padanya ketika mereka ingin mengetahui pengalaman di daerah wisata atau agen perjalanan tertentu. Mereka juga membagikan pengalaman perjalanannya di media sosial.
Para distributor perjalanan mempergunakan potensi ini untuk memasarkan layanan mereka dan memperluas jangkauan pelanggannya. Beberapa darinya juga berhubungan dengan pelanggannya di media sosial hanya untuk mengenali tingkat kepuasan dan pengaduan mereka.
Teknologi sudah meningkat pesat sejak diperkenalkan ke dunia. Agen perjalanan dan wisatawan akan menerima laba dari penemuan-penemuan kurun depan, menimbulkan seluruh layanan tersampaikan dengan lebih baik dan lebih singkat.
Nah, kalau kita telah sering memakai inovasi-penemuan teknologi tersebut, maka kini kita sadar betapa mudah dan nyamannya bepergian di periode digital mirip ketika ini dibandingkan zaman dahulu. Sebagai turis mudah kita peroleh di pasar aplikasi mirip Google Play Store dan App Store aplikasi terkait perjalanan. Misalnya aplikasi reservasi tiket online, reservasi hotel, bimbingan wisata, peta digital, sampai kompas digital.
Para pelaku industri perjalanan berlomba-lomba menawarkan layanan terbaik. Berbagai iklan kreatif terkait penemuan layanan perjalanan tidak jarang kita temui di media massa maupun internet. Para pelanconglah yang kini mesti semakin jeli kepada layanan yang ditawarkan masing-masing pelaku industri perjalanan mirip distributor perjalanan, agen penginapan, atau waktu terbaik untuk bepergian.
Kamu yang menggemari traveling akan dan tentu sungguh terbantu dengan hadirnya penemuan-inovasi tersebut. Kini waktunya kamu ambil tas, kemasi busana, siapkan kamera, dan pergilah ke daerah-daerah gres yang mengagumkan!
Sumber mesti di isi