Bandung Digital MeetUp (BDM) adalah suatu perjalanan. Sampai dengan keenam kali mengadakan program ini, terlihat terang progress yang ada. Mulai dari pergeseran daerah menjadi yang lebih besar, hingga dengan pembicara yang terus bermetamorfosis pembicara kelas dunia. Ini, sekali lagi, sesuai dengan mimpi pertama kali dulu : menjadikan internet marketer Indonesia yang world-class. Hasilnya, sehabis BDM keenam ini, telah banyak perusahaan dari dalam dan luar negeri yang ingin support tahun depan. Alhamdulillah.
Buat yang ketinggalan berita, ini cerita perjalanan BDM 1-5 :
Bandung Digital MeetUp #1
Bandung Digital Meet-Up > Digital.BDG > Acara Besar Internet Marketer Indonesia
Bandung Digital MeetUp #2
Bandung Digital MeetUp #2 >31 Januari 2015 > Menjadi Jutawan Lewat Sosial Media! Be There!
Bandung Digital MeeUp #3
Bandung Digital MeetUp #3 > 28 Februari 2015 > Saatnya Menguak Rahasia Toko Online Laris Manis
Bandung Digital MeetUp #4
Bandung Digital MeetUp #4 > 28 Maret 2015 > Keruk Dollar Dengan Affiliate Marketing Bersama Rully Kustandar!
Bandung Digital MeetUp #5
Bandung Digital MeetUp #5 > 5 Maret 2016 > Kupas Tuntas Tentang Adult-Dating Niche
Setiap episode BDM senantiasa memunculkan kisah unik. Di Bandung Digital MeetUp kemaren juga demikian. Salah satunya yaitu bagaimana kami bisa menciptakan registrasi soldout dalam waktu cuma 10 menit.
Oke. Sekali lagi, ini acara gratis. Mungkin anda berpikir, gak sukar lah dagangevent gratis, pasti banyak yang tiba. Justru kegelisahan ada disitu, saat orang dengan yummy daftar, tanpa ada deposit apa-apa, gak pake uang, apakah beliau beneran akan tiba? – kekalutan ini sungguh beralasan.
Yang melegakan, statistik memperlihatkan hal yang berbeda. Secara keseluruhan, 95% orang yang mendaftar beneran dateng, sisanya yang 3% gak jadi dateng namun ngasih kabar dan cuma 2% yang telah mendaftar tapi tidak tiba. Peserta juga tercatat dari Aceh, Pontianak, NTB, Dumai sampai dengan Makassar. Asik ya?
Untuk daftar Bandung Digital MeetUp 2018 > DAFTAR
Sebetulnya, telah dari selesai 2016 saya senantiasa ditanya oleh teman-teman, kapan ada BDM lagi? – umumnya aku cume nyengir dan bilang : ntar dulu, nunggu ada energi buat ngerjainnya. Kekuatan itu nongol di permulaan Februari 2017. Pada ketika itulah saya ngobrol sama Andi dan mulai kontak sponsor. Yang pertama saya kontak yaitu Ecomobi dan sukses. CEO-nya, Thanh, saya telah kenal dari setahun lalu dan memiliki kesepakatan kuat dalam mengembangkan affiliate-affiliate lokalnya. Dari pertemuan pertama dilanjutkan dengan pertemuan kedua di Central Park Jakarta dan Ecomobi sepakat untuk mensponsori acara ini. Ditengah prosesnya, lalu timbul Ajay dengan Blazbluz-nya, Ahmad dengan Garuda Media, Oscar dengan Bitcoin.co.id dan Sunil (Via Aldira) dengan Idaff. Mereka adalah orang-orang hebat yang menciptakan program ini mampu terlaksana.
Sepanjang aku diskusi dengan Andi, selalu ada hal gres yang ingin kami implementasikan. Di BDM#6 ini kami ingin meninggalkan sesuatu jejak. Sebuah rekor jikalau perlu. Karenanya dengan menyaksikan pada penyelenggaraan BDM tahun sebelumnya yang juga sold out dalam waktu yang singkat, kami merubah secara keseluruhan rancangan pendaftaran yang ada.
Salah satu keputusan yang krusial justru tiba dari Andi untuk me-waiting list semua kandidat akseptor. Kami sepakat untuk mem-funneling dengan cermat. Melihat animo yang demikian besar, kami lalu ingin memperlihatkan tiket dan dingklik cuma terhadap orang yang memang berkeinginan besar untuk ikut program ini. Caranya bukan diundi, namun dengan rebutan.
Pada hari itu kami memilih tanggal untuk membuka opt-in waiting list serta tanggal untuk rebutan tiketnya. Ada debat sedikit perihal apakah opt-in harus DOI atau SOI (Apa ini? Baca disini : DOI dan SOI). Saya yang bersikukuh harus DOI sebab memang email yang masuk mesti dipastikan valid. Di tamat acara kami berhitung jumlah email yang masuk dan terdapat perbedaan 22% antara email yang diconfirm link dan yang tidak. Ternyata masih ada yang galau dengan email submit versi beginian. Ya sudahlah.
Untuk daftar Bandung Digital MeetUp 2018 > DAFTAR
Yang anda tidak tahu adalah, pada satu ahad sebelum acara BDM saya juga bertanggungjawab atas dua buah event yang juga menyedot tenaga di kampus daerah aku mengajar. Makara, dalam rentetan 10 hari, aku memiliki 3 events yang gak boleh gagal. Sungguh menguras fikiran dan keringat. Karenanya, aku mesti membuat sebuah sistem untuk BDM supaya mampu serba otomatis.
Come on, ini program digital, jadi sudah seharusnya memanfaatkan teknologi untuk penyelenggaraannya. BDM adalah program yang sarat dengan autopilot. Sungguh.
Akhirnya saya set semua autoresponder. Setelah mendekati acara, saya akan men-spam email penerima supaya menerima feeling urgensi. Bikin deg-degan gitu.
Ini reminder 24 Jam
Ini reminder 12 Jam
Ini reminder 6 Jam
Ini reminder 3 Jam
Ini reminder 1 Jam
Ini reminder 30 menit
Ini reminder 15 menit
Ini reminder 5 menit
Ini reminder untuk rebutan
Dan kesannya sungguh mencengangkan.
Sebelumnya kami sempat agak pesimis sebab open rate email yang kami kirimkan tidak sebaik pada saat awal-permulaan. Saya sempat berpikir ini mungkin sebab email yang aku kirimkan mulai menjemukan. Tapi kami maju terus. Udah kadung juga. No turning back.
Well, you knew the result.
Bandung Digital MeetUp #6 soldout dalam waktu 10 menit saja. Saya pikir ini rekor baru meskipun entah rekor lama ada dimana. Ini pertanda bahwa :
1. Urgensi itu sangat diharapkan dalam proses checkout. Saya mengirimkan email reminder mulai dari 24 jam, 12 jam, 6 jam sampai dengan 5 menit sebelum program. Dan berhasil membuatdeg-degan siapa saja. Saya senantiasa memasang status di FB yang bekerjasama dengan registrasi ini semenjak sebelum 6 jam pendaftaran. Kalau di affiliate marketing, ini namanya countdown-timer atau sporadic timer.
Countdown-timer (tik tok tik tok) yang bagus bisa memaksa pembeli untuk segera closing atau memiliki rasa ingin tau yang tinggi akan sebuah produk. Yang sering melakukan product-launch di JvZoo pasti paham betul hal ini. Pembeli dibentuk, entah bagaimana caranya, tanpa sadar, mengikuti proses closing yang kita mau.
Untuk daftar Bandung Digital MeetUp 2018 > DAFTAR
2. Konsep ini saya dan Andi kerjakan telah dua ahad yang kemudian. Ketika anda mendapatkan email berurutan (bolehlah disebut spam haha), aku sedang di kantor dan minum kopi. Saya sangat menikmati prosesnya. Email reminder itu sudah saya siapkan sebulan yang lalu. Halaman di event brite juga telah ready seminggu yang kemudian. Tugas aku yaitu membalas message dan menuai status di FB saja. Gak sulit kan?
3. Tetapi yang paling penting dari semua itu yaitu : penguasaan panggung. Ibarat seorang performer, anda mesti kuasai audience. Anda mesti menjadi alpha. Dan menjadi alpha yang benar, hanya mampu diraih dengan proses. Termasuk diantaranya membangun integritas.
Jangan lupa, meskipun pengumuman Bandung Digital MeetUp #6 itu kurang dari sebulan yang lalu, namun REPUTASI acara ini telah dibangun dari 3 tahun yang kemudian (BDM pertama tahun 2014). Reputasi ini mencerminkan AUTHORITY. Proses yang dibangun seperti ini :
BRAND BDM –> BRAND INTEGRITY –> BRAND REPUTATION –> BRAND AUTHORITY
Ini proses panjang. Tapi sekali lagi, aku sungguh menikmati prosesnya dan bersyukur mempunyai sobat-teman yang banyak membantu acara ini dari awal.
4. Tahun ini akan menjadi tipping-point BDM. Saya sudah berjanji, jika tahun ini berlangsung dengan baik, tahun depan kita akan perbesar lagi kapasitas dan kualitasnya. Mau tidak mau harus seperti itu, karena BDM telah mulai dilirik Affiliate, Network dan Traffic Source dunia. Ini yakni bukti kekuatan kita bareng . Bergandengan tangan kita melihat Indonesia menjadi kekuatan baru pemasaran internet global.
Selamat pagi!
Foto-foto dan video akan diupload di : www.bandungdigitalmeetup.com
Sumber mesti di isi