Well, hari ini sudah terjadi sebuah acara dimana kawasan bertemunya semua pecinta pemasaran internet di Indonesia, utamanya di bandung. Kolaborasi antara team Ads-id.com, Bixbux.com dan Bitcoin.co.id menghasilkan sebuah program berjulukan “Bandung Digital Meet-Up”. Acara yang dijadwalkan akan diadakan berkala sebulan sekali ini berbagai mengundang para ahli dan pakar di dunia pemasaran internet. Nama yang sudah tidak ajaib seperti Arief Theo, Rully Kustandar, Mbah Katob dan beberapa nama besar lain tiba untuk meramaikan program ini.
Kebetulan aku datang pagi hari sekitar pukul 08:30. Masih sungguh sepi alasannya didukung cuaca bandung yang hujan rintik-rintik pagi itu. Jadwal tertulis program akan mulai pukul 09:00, namun mas Jaya selaku pembicara pertama belum juga datang, disangka terhambat hujan. 10:00 program dimulai dibuka oleh mas Jaya yang sedang agak sedikit kurang fit, ia cuma mengatakan “kalo saya belum pingsan, saya pasti akan tetap tiba” sambil tertawa kecil. Mulai masuk bahan, mas Jaya lebih memfokuskan bagaimana pengembangan dan perjalanan situs yang dikembangkannya semenjak 2012 berjulukan YubiStore. Bagaimana awal mula ingin menciptakan suatu market place yang berlainan dengan cuma menjual barang-barang setempat. Cara salah satunya yakni dengan memakai affiliate marketing atau lazimdisebut yubi affiliate. Affiliate yakni suatu sistem dimana kita membantu menjualkan barang atau produk suatu website dan kita akan menerima komisi beberapa persen sesuai kontrakdi awal. Yubi mengandalkan para affiliaternya untuk membesarkan nama Yubi yang masih termasuk baru. Menurut aku sistem affiliasi yang ditawarkan oleh YubiStore ini adalah yang terbaik di situs lokal alasannya YubiStore dapat memperlihatkan pembayaran tepat waktu dan utamanya komisi yang cukup besar untuk selevel website affiliasi lokal. Didukung dengan fasilitas “dashboard” yang menerangkan jumlah klik, jumlah cookies, produk yang terjual dan produk yang sudah dipesan, dianggap sudah cukup selaku data untuk menganalisa pasar oleh para affiliater YubiStore.
Jam menunjukan pukul 11:30, mas Jaya menyelesaikan materinya dan dilanjut oleh Adis, pembicara yang mempunya latar belakang seorang backpacker juga blogger ini, sudah mempunyai 2 buah buku yang beredar dan terbilang cukup sukses dipasaran. untuk mengenali lebih lanjut mampu di cek di www.whateverbackpacker.com yang merupakan blog yang dikelolanya. Sekilas info saja, backpacker yakni orang-orang yang suka berjalan-jalan ke pecahan dunia cuma dengan mengandalkan modal super minim atau super irit. Dibuktikan dengan Adis yang sukses ke Kuala Lumpur cuma bermodalkan uang 100 ribu. Ya betul, 100 ribu saja dan itu masih ada sisa untuk beli rokok di Indonesia. Adis juga pernah keliling asia tenggara hanya bermodalkan duit 2,7 juta rupiah saja. Apa rahasianya? Ternyata yang beliau mengurangi duit pengeluaran dia lokasi tujuan dengan tidur di bandara! Betul, di bandara luar negeri ia bilang sungguh tenteram, dengan wifi super ngebut, sofa untuk duduk yang tenteram, toilet untuk mandi yang bersih dan beberapa fasilitas lain yang sudah setara dengan sebuah hostel. Kemudian Adis bercerita wacana beliau yang mulai berdagang beberapa produk backpacker mirip kaos dan tas. Kaos mampu dijualnya sebanyak 70pcs dalam seminggu, alasannya audience atau orang yang mengenal adis sudah banyak, akan sangat mudah untuk menjual kaos-kaos tersebut. Adis juga memasarkan sebuah tas berskala 40 L yang diberi nama Sumba, seharga 1 juta. Awalnya tas ini sulit dijual sebab terlalu mahal, dengan seni manajemen memberi potongan harga 20% untuk cuma selama 4 jam. Dia berhasil memasarkan sekitar 7 buah tas. Strategi yang cukup baik menurut saya, sebab didukung promosi dan kualitas produk yang manis juga. Jam 12:35, adis mengakhiri bahan dan pak Wintor sebagaiMC program memberitahukan untuk break sampai pukul 13:00.
Jam menerangkan jam 13:15, para penerima telah mulai menyanggupi venue dan tampakmas Arief Theo bersiap di panggung untuk mengisi materi. Materi yang hendak dibawakan seorang master SEO, online shop dan juga dunia affiliate ini adalah tentang 7 kiat membangun toko online. Well, dia memang cukup ahli dalam persoalan toko online, dibuktikan toko parfumnya yang dulunya hanya sebuah toko online kini sudah ada 4 cabang di seluruh Indonesia, beberapa berlokasi di Jakarta dan jogja dimana ia tinggal. Toko onlinenya mempunyai page rank yang sangat amat baik di google, coba saja anda saat “jual parfum” maka nama www.jocelyns.co.id akan muncul di peringkat 1 halaman 1 google. SEO atau search engine optimization yang diaplikasikan ia sangat hebat efeknya. Masuk ke bahan ialah ada 7 kiat untuk membangun toko online, kiat itu ialah:
1.Produk yang tepat
Produknya dipakai banyak orang, berkualitas dan selalu dipesan berulang-ulang oleh konsumen atau repeat order.
2.Branding
Yaitu artinya ciri khas dari produk yang dijual dan memiliki nilai lebih di mata konsumen.
3.Excellent service
Memberikan pelayanan yang terbaik terhadap pelanggan, mirip mengatasi komplain dan menjawab pertanyaan pelanggan.
4.Management cash flow
Cash flow adalah darah dari sebuah perjuangan atau bisnis, maka dari itu aturlah cash flow sebaik-baiknya untuk menyingkir dari kebangkrutan.
5.Management metode kerja
Yang berisi alur proses kerja karyawan, delegasi yang dijalankan karyawan. Dan sebagai pemimpin kita mesti mempunyai “helicopter view” atau sederhananya yakni mampu menatap sebuah duduk perkara dari atas sehingga semua sudut mampu tampakdan mengambil keputusan dengan bijak.
6.Jaga ketersediaan stock
Mencatat stok yang tersedia dan mengantisipasi dengan baik bila stock mulai menipis.
7.Bijak dalam penggunaan modal
Gunakan modal untuk iklan, penawaran spesial, modal perjuangan dengan baik dan sarat perencanaan semoga tidak merugi sebab penggunaan modal yang boros.
Setelah mengemukakan semua bahan diatas, banyak pertanyaan muncul dari penerima. Seperti modal yang dihabiskan dari permulaan untuk membentuk perjuangan seperti ini berapa, kesusahan-kesulitan uang dijumpai apa saja dan lain-lain. Waktu menandakan pukul 14:30, bahan yang diberikan oleh mas Arief Theo pun telah tuntas. Maka saatnya mas Arief Theo digantikan oleh pembicara selanjutnya yakni Agung Hari Prabowo.
Agung Hari Prabowo yaitu seseorang yang telah memulai karirnya semenjak tahun 2007, laki-laki yang amat sangat menggemari idol grup jkt48 ini memulai dengan menghimpun database email dari para konsumen. Sampai pada alhasil dia sungguh menguasai “list building” atau istilahnya biasa disebut menghimpun email sebagai data base yang nantinya akan dipakai untuk email marketing. Beliau menggunakan database yang pada umumnya di dapatkan dari squeeze page tersebut untuk lalu digunakan di dalam email dan mengantarkan kepada para pemilik email tersebut sebuah iklan atau produk yang beliau jual. Cara ini mirip dibilang pak rully yakni teknik internet marketing paling bau tanah namun masih ampuh digunakan hingga kini. Saya langsung masih sungguh aneh dengan beberapa perumpamaan di list building ini. Karena memang saya langsung belum pernah menjamah teknik ini sebelumnya.
Begitulah kurang lebih yang saya saksikan di program Bandung Digital Meet-Up hari pertama, acara gratis tetapi dibungkus secara sangat bermutu ini sungguh amat patut untuk dikunjungi. Dengan para pembicara yang nilai seminarnya sudah jutaan, kita bisa dapatkan secara gratis di program ini. Untuk anda yang belum sempat datang hari ini, aku rekomendasikan untuk tiba lagi besok karena beberapa pembicara yang tidak kalah hebatnya dari hari ini akan menunjukkan cukup ilmu “daging” pada materinya yang akan mengisi hari kedua di acara Bandung Digital Meet-Up besok. Beberapa nama mirip Andi Ikhram, seorang pakar Clickbank dan FB ads yang tengah mengadakan roadshow seminarnya ke beberapa kota ini akan mengisi pada jam 9 pagi dan tentunya pak rully yang juga sangat mahir di bidang pemasaran internet akan memberikan bahan yang tidak kalah “dagingnya”. Sampai jumpa besok!
Sumber mesti di isi