Bisnis Cafe Untuk Generasi Millenials, Cocok Kah??

Sumber gambar: lifestyle.okezone.com

Akhir-tamat ini aku sering lihat-lihat dan scrool di media umum. Terutama Facebook dan Instagram. Tapi lebih cenderung ke Instagram sih… Hal pertama yang membuat aku suka dengan instagram yaitu banyaknya foto dan video yang cantik, dan aku juga sering menyaksikan foto dan video yang menggambarkan anak akil balig cukup akal jaman kini (anak hitz).


Tentu ini membuat saya tidak jenuh scrool beranda Instagram. Tapi disini saya menyaksikan banyaknya foto-foto keren alias anak Instagramable.. Nah, disini saya mulai berfikiran, kok banyak sekarang tempat-kawasan instagramable ya?? Saya menyaksikan hampir keseluruhan yang di tampilkan itu yaitu tempat rekreasi dan tempat tongkrongan/Cafe.


Sebetulnya ini berdasarkan pedoman saya saja ya, tapi sehabis saya lihat-lihat lebih rincian. Ternyata memang benar anak jaman sekarang itu lebih senang foto-foto di daerah yang viewnya anggun untuk motret, bahasa kerennya tempat-kawasan Instagramable. Dari sini saya mulai sering mendatangi cafe-cafe di area tempat saya (Malang), dan kebanyakan cafe di area daerah aku tinggal itu hampir pada umumnya cafenya masih gres jalan/masih baru dibangun.


Nah, yang menciptakan aku heran, mengapa anak jaman kini kalo di cafe-cafe yang ada spot fotonya senantiasa mengambil foto, paling minim ya selfie.. terus upload di media sosial. Terutama Instagram. Padahal percaya nggak yakin, mereka cuman pesan kopi doank. Tapi di dalam cafenya ampe berjam-jam.


Dan yang bikin saya tercengang, kebanyakan dari mereka klo mengambil foto menggunakan kamera DSLR, padahal menurut sahabat saya, kebanyakan dari mereka sewa kamera DSLR di rental terdekat…semakin tercengang saja aku, pengen ngehitz sampe sewa kamera segala :D.


Dan yang saya jelaskan di atas itu cafe yang masih gres dibangun (running). Di segi lain aku melihat rumah makan, bisa dibilang memiliki konsep cafe. Saya lihat kok pada sepi ya, pengunjungnya rata-rata orang Dewasa (generasi non Milenial). Dulunya daerah makan A ini rame, namun sekarang kok kian menurun ya…


Cafe Sawah Pujon, gambar : instagram.com/venameliana

Ok, Dari sini saya berfikir seperti ini “Awalnya nggak ada dilema namun, lama kelamaan jadi masalah”  kok bisa?? Yupz, begini konsepnya..dahulu awal mulanya rumah makan tersebut memang pesaingnya sedikit. Tapi sesudah berubahnya era zaman, seperti yang saya katakan tadi, jamannya anak ngethitz dan instagramable. Kaprikornus mereka akan lebih memilih cafe yang memiliki view cantik untuk berfoto ria.


Menurut saya rancangan anak remaja jaman kini itu konsepnya, mengunjungi daerah wisata atau pun cafe yang memliki spot foto yang bagus untuk di upload di Medsos.. Nah, dari sini pastinya anda bisa membaca peluang bukan??


Baca Juga : Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan Keuntungan Besar, Cocok Untuk Yang Ingin Mempunyai Waktu Banyak Bersama Keluarga


Nah, aku berfikir ada kesempatan bisnis yang mejanjikan untuk generasi milenial. Pilih cafe atau tempat wisata?? Jika dilihat dari aspek biaya pembangunannya. Jelas cafe lebih cenderung menghabiskan biaya yang jauh lebih murah dibanding rekreasi.


Nah, itu sebabnya aku lebih suka ke cafe. Bagi pembaca postingan ini, aku nggak akan banyak basa-kedaluwarsa eksklusif saja aku bahas secara tuntas.


Mengapa cafe cocok untuk bisnis generasi milenial?


Jujur, saya juga generasi milenial. Makara tahu passion yang tepat untuk generasi milenial. Dari segi fatwa memang anak muda jaman kini ingin berbagi usahanya sesuai dengan passion. Bisa di lihat rata-rata owner dari sebuah cafe adalah anak muda. Ini dikarenakan karena anak muda mempunyai inspirasi yang cemerlang, sehingga sungguh gampang menciptakan wangsit yang baru.


Selain itu bisnis cafe ini membutuhkan banyak kanal teman untuk memperluas jaringan bisnis cafe tersebut. Jadi saya rasa ini adalah bisnis yang cocok untuk generasi milenial.


Cokelat Klasik Cafe Cab. Batu. Gambar: instagram.com/anang_sh95/

Hal-hal yang harus anda amati dan point penting dalam membuka usaha cafe :



  1. Perencaan modal usaha. Sebelum anda membangun sebuah cafe, anda cek dulu perencanaan ongkos pembangunan cafe tersebut. Jika dirasa ongkosnya cukup mahal, anda bisa join patner dengan sobat ada yang memiliki passion yang sama. (lazimnya anak muda memiliki passion bisnis yang serupa seperti menciptakan kawasan nongkrong).

  2. Mencari tempat yang daerah untuk membangun cafe. Usahakan mencari tempat yang ramai, atau mampu yang erat dengan sekolah atau daerah tongrongan anak muda. Ini bisa menjadikan cafe anda ramai, sebab penyeleksian tempatnya yang pas dan strategis.

  3. Perencanaan SDM. Membangun dan menjalankan bisnis cafe itu tidaklah gampang, butuh banyak tenaga, apalagi klo cafenya ramai hadirin. Tapi anjuran aku ajak teman-sobat erat anda untuk bergabung, tetapi jangan juga terlampau banyak juga merekrut karyawan. Karena kita butuh SDM sesuai dengan kebutuhan cafe tersebut.

  4. Persiapan waktu dan wangsit yang extra. Pertama kali membangun cafe tersebut, Harus menyempatkan banyak waktu dan juga ilham cemerlang untuk menawan hadirin, alasannya adalah cafe anda masih butuh pemanis ekstrawaktu untuk mencari pengunjung cafe.

  5. Mempersiapkan penawaran khusus yang sempurna. Hal yang dihentikan anda tinggalkan yakni penawaran spesial. Karena penawaran spesial ini ialah Inti dari sebuah kesuksesan membangun suatu cafe. Untuk itu buatlah sistem penawaran khusus yang tepat untuk pertama kali launching atau pembukaan cafe yang masih baru.

  6. Floor Plan. Mungkin anda belum tau apa itu Floor plan?? Floor Plan ialah suatu desain interior untuk mengendalikan jalannya transaksi dan aktivitas di sebuah ruangan, dengan metode Floor Plan anda mampu mengatur letak struktur properti. Seperti peletakan kursi, meja, dapur, dan letak kasir sesuai dengan struktur peta yang anda buat (kurang lebih mirip itu). Dan untuk menerapkan sistem Floor Plan ini dilarang asal pilih. Karena jikalau anda salah menyusun Floor Plan, bisa-mampu pengunjung merasa tidak nyaman, sehingga bisa meminimalkan daya minat konsumen.

  7. Maksimalkan Fasilitas mirip, Free Wifi, Musik (sound), Listrik di setiap meja untuk cas laptop/hp, dan yang terpenting toilet.


Sumber gambar: medan.tribunnews.com

Strategi bisnis cafe


Hal paling penting yang mesti di perhatikan demi keberhasilan sebuah cafe ialah dengan menerapkan strategi bisnis. Nah, apa saja sih seni manajemen untuk bisnis cafe ini?? Yuk simak baik-baik.



  1. Melakukan penawaran khusus yang tepat. Ada 2 sistem ampuh yang mampu anda terapkan.



  • Promosi melalui media sosial, Nah ini sengaja aku taruh di sajian paling atas. Karena sekarang target dari sebuah cafe yaitu anak ngehitz yang pengen eksis di medsos, untuk itu sangatlah penting menerapkan strategi penawaran spesial lewat sosmed. Ada beberapa teknik yang bisa anda terapkan. Seperti dengan menggunakan fb ads, Instagram Ads, menggunakan jasa Paid Promote (mesti diamati target followernya si selebgram), dll.

  • Promosi melalui poster, brosur, dan Mulut ke verbal. Untuk rancangan melalui poster dan brosur menurut saya masih efektif tapi jangan lupa juga di rancangan sebagus mungkin dan jangan lupa juga iming-imingi sebuah potongan harga agar audiance nya kesengsem. Untuk poster dan brosur carilah daerah yang stategis untuk memasang poster dan membagikan selebaran di tempat yang sempurna. Dan untuk penawaran spesial dari lisan ke verbal, ini lebih efektif dari brosur dan poster. Karena dari jaringan mulut ke ekspresi mempunyai susukan yang mampu memperluas jaringan bisnis anda. Jangan heran jikalau metode ini sangatlah cepat untuk mendongkrak bisnis anda. Karena hal ini efektif dan gratis, yang anda perlukan banyak teman untuk memperluas jaringan promosi cafe anda.



  1. Bikin tempat cafe anda unik, menawan dan kawasan instagramable. Anak jaman sekarang itu, butuh spot foto yang cantik. Nah, dari sini anda juga harus bisa membuat situasi cafe yang unik dan menawan. Sehingga hadirin akan betah, meskipun hanya sekedar foto-foto namun kalau di upload di medsos oleh banyak orang. Lama-lama cafe anda mampu populer selaku spot foto instagramable.

  2. Bersikap ramah dan senantiasa menciptakan suasana tenteram. Dari poin ini aku rasa sudah tidak usah di jelasin lagi, karena setiap orang memiliki ide yang sendiri untuk menciptakan kenyamanan.

  3. Bikin nama menu kuliner semenarik mungkin. Point ini yang berdasarkan aku sangat penting, sebab para pemburu rekreasi masakan cenderung penasaran dengan nama sajian makanan yang unik. Maka tidak heran bila banyak nama hidangan masakan yang gila dan justru di bikin penasaran banyak orang.

  4. Sering adakan event/program di cafe anda. Nah, ini bahwasanya prinsip seni manajemen bisnis yang ampuh. Ok, jelasnya begini. Setiap ada event di sebuah cafe, entah itu live musik akuinstik atau pun yang lain. Jelas ini sangat mempesona hadirin. Buktinya jika malem minggu di cafe di kawasan aku tinggal, setiap malem ahad itu di cafe full pengunjungnya sampe kehabisan kawasan duduk. Nah, ini mengambarkan bahwa bertambah banyak event di cafe anda, maka akan bisa menawan pengunjung ke cafe anda.


Dari postingan diatas. Bisa ditarik kesimpulan bahwa. Membangun cafe membutuhkan biaya yang cukup besar, dan tambahan waktu yang full di awal launching. Dan tujuan membangun cafe diatas, yang paling penting ialah menawan daya hadirin semoga betah. Maka dengan itu ciptakan situasi yang nyaman, dan yang terpenting jangan lupa menyusun Floor Plan. Karena Floor Plan yang anggun akan bisa memperindah situasi di cafe anda, sehingga bisa terwujudnya suana tenteram.


Artikel ini ditulis dari hasil observasi aku eksklusif, dan jangan tanya aku punya cafe atau tidak?? Jawabannya tidak :v Semoga berfaedah 😀



Sumber harus di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama