Facebook Keywords Stats

Tulisan ini disummary-kan dari note facebook yang dibentuk oleh Tredi Andrasa pada tanggal 3 April 2017 dan video yang dibentuk oleh Agung Hari Prabowo ditanggal yang sama.  Agung menyebut Tredi selaku FB Advertiser underground. Saya mengenal keduanya sudah usang. Bahkan, Tredi yang merancang logo untuk Bandung Digital MeetUp. Atas seijin keduanya, note tersebut kemudian saya tulis ulang dan video aku tampilkan di blog ini. Nuhun Tred! dan buat Agung : Gung, pulang Gung! Wkwkwk..


Facebook banyak menyembunyikan fitur-fitur yang justru sungguh bermanfaat. Beberapa fitur ini dipakai oleh pihak ketiga yang ber-partner dengan Facebook. Pernah liat fitur Interest Analyzer pada 3rd Party Tools Facebook? Kalau belum, coba pilih bayar premium di AdEspresso, ConnectExplorer, Smartly, Qwaya dll. Ya, fitur tersebut bisa menampilkan parameter data berdasarkan pada interest yang kita pakai pada adset. Cuma sayangnya pada umumnya pihak ketiga itu ‘menyunat’ parameter yg mampu dimunculkan.




Sebenarnya, Facebook udah tidak mengecewakan usang membuka fitur ini free untuk publik (developer) dan asiknya parameter yg ditampilkan mampu banyak banget. Contoh mirip : comments, like, add to cart, cost per add to cart, cost per purchase dan masih banyak lagi. Sayangnya, data ini hanya berdasarkan pada tampilan 7 hari terakhir iklan kita.


Jadi misal kita iklan menarget: ayam, sapi, monyet, orang utan dan babon. Selama Adset tersebut telah running adsnya selama kurang lebih 7 hari kita bisa tau interest mana yg menciptakan parameter yg kita cari untuk digunakan ke proses optimasi atau scaling.


Oleh karena fitur Facebook Keywords Stats ini hanya dibuka untuk developer saja, maka kita mesti menciptakan app di dalam Facebook. Begini caranya :


1. Langkah pertama, silakan daftar dulu aja di developer.facebook.com. Sign up via https://developers.facebook.com/


 



2. Biasanya diminta no. HP untuk registrasi. Bisa pakai no. HP yang sudah terdaftar di akun FB atau no. HP baru. Nanti FB kirim verification code via SMS ke no tersebut.




3. Add a new App di https://developers.facebook.com/apps/




4. Setelah kita Create App ID lalu kita klik Aplikasi yang telah jadi untuk melaksanakan setting app (lihat gambar di bawah)




5. Sekarang App-nya telah mampu kita pakai. Ini tahap pertama sudah simpulan kita lakukan.


Facebook Keywords Stats


Sekali lagi, Fitur Keywords Stats ini yaitu untuk memperoleh parameter dari Interests yang kita gunakan untuk ngiklan. Data yang diambil berasal dari 7 hari kemudian dari iklan yang jalan (tidak tergolong ‘today data’ Ads tersebut). Bisa juga mengambil data satu hari asal satu hari tersebut yaitu bagian dari data ‘last 7 days’. Di bawah ini yaitu penjelasannya :



1. Ok cukup ya? Sekarang buka Graph API Explorer : https://developers.facebook.com/tools/explorer/





ISI_AD_ID_yang_mau_diambil_datanya/keywordstats?fields=


2. Kopas code diatas: *ingat, yang diambil AD ID bukan CAMPAIGN atau AD SET ID. Ada 2 cara untuk ambil AD ID, bisa melalui URL Bar dikala buka iklan tersebut di Ads Manager atau klik ‘Customize Columns’ di Ads Manager.



3. Lalu klik ‘Submit’ kemudian pilih parameter (lihat gambar di bawah)



4. Kita bisa memilih satu atau beberapa parameter sekaligus. Misal aku perlu data berapa banyak Comment, Like, Add To Cart, Purchase maka saya pilih ‘Actions’.



5. Lalu klik Submit lagi dan hasil datanya akan timbul di box kanan seperti gambar dibawah (formatnya berupa JSON).



6. Jika format tersebut kurang lezat dibaca bisa kita convert menggunakan http://json2table.com/, caranya tinggal copy semua hasil yang ada di box merah diatas ke site tersebut.


7. Berikut anda bisa lihat langkah-langkah di atas melalui video yang dibuat oleh Agung Hari Prabowo :


8. Credit also goes to Dadan Nurdiansyah 🙂


Selamat menjajal !



Sumber mesti di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama