List Building – Menyerupai Mesin Atm Berlangsung

Mungkin bagi sebagian orang masih awam dengan yang namanya List Building, sebenernya inilah tehnik internet marketing paling kuno, bagaimana tidak tehnik ini masih ampuh di era terbaru seperti ini, bahkan tehnik ini menjadi salah satu versi penghasilan aku dikala ini. Apaan sih List Building itu? bagi yang belum tahu ini yakni seni menghimpun database email dengan cara yang etis (bukan beli list atau spamming) artinya si empunya email memang ingin mendapatkan update dari kita dengan cara menawarkan nama dan emailnya lewat suatu optin form (autoresponder) kemudian update/newsletter dikirimkan lewat email ke orang yang memasukkan nama dan email tersebut, mangkanya List Building itu akrab kaitannya dengan email marketing.


atm machine photo
Photo by Tony Fischer Photography

“Jika anda PERNAH mendapatkan email penawaran ke inbox email anda oleh orang/company yang anda memang kehendaki update, itulah tehnik list building dan email marketing”


Saya akan ceritakan sedikit perjalanan aku mengenal List Building, dulu saya bermain sebagai affiliate dan beberapa generate traffic (menghadirkan traffic) sudah aku coba dari PPC, blog walking, Forum dan memang menciptakan tapi… aktivitas aku ini mesti terulang setiap harinya, dikala itu aku berpikir bagaimana ‘Guru-Guru IM’ menghadirkan traffic yang sungguh cepat tanpa bersusah payah, dan akibatnya duit yang saya peroleh dari bermain affiliate saya investasikan buat beli aneka macam macam bimbingan ihwal IM, utamanya yang belum aku pahami..


Sampai risikonya aku memperoleh pencerahan dari bimbingan seorang IMers yang aku kagumi namanya Michael Rasmussen, ia mengajarkan ihwal List Building. aku semepet resah …Et dah..Buseeettt apaan lagi nih, sesudah aku pelajari ternyata bimbingan inilah yang mengenalkan aku pada list building. Akhirnya aku menekuni model bisnis ini dalam rentang waktu 3 bulan terkumpul 500 list itupun dengan sulit payah. Sama seperti pemula yang gres bermain list building aku juga bingung gimana caranya tulis email marketing, terus gimana kalo mereka ga suka kalo kita kirimin email? banyak sekali ‘ketakutan’ hinggap di otak aku.


Akhirnya aku pun berani membuat email marketing pertama berdasar pada system ‘copy and paste’ dari email-email IM lain yang masuk ke inbox aku.. dan… jadinya… ‘Sent!’ jujur saja waktu itu bener-bener deg-degan haha…


Tak didugadari situlah $200 pertama aku dari pemasaran internet! dan itupulalah hasilnya itu yang membuat aku bersungguh-sungguh di list building…


Mempunyai list email sama seperti kita investasi dan membangun aset, selama mereka masih ‘hidup’ mereka akan terus menerima offer yang kita tawarkan ke email mereka, kapanpun dan dimanapun anda butuh uang tinggal kirim email, lalu uang datang… asyik bukan? Tapi pasti semua itu ada proses, tehnik dan strateginya 😉


Jika anda serius di list building rekomendasi saya gunakanlah autoresponder yang berkualitas seperti getresponse atau aweber, kenapa? alasannya adalah memiliki delivery rate dan tembus SPAM yang cantik, bayangkan anda telah kecapekan-capek bangun list eeeehhhh tahu-tahu email anda masuk di SPAM atau sampainya 2-3 hari kemudian bayangkan ‘potensi kehilangan’ anda, aku telah kenyang makan autoresponder A-Z tetep yang saya rekomendasikan 2 yang diatas itu 😀


……baiklah deh gitu aja


Semoga postingan ini membantu! Happy List Building!



Sumber mesti di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama