Mengatasi Laptop Tidak Besar Lengan Berkuasa Nyala Tanpa Derma Charger

Singkat cerita, aku membeli laptop jadul wajar tapi tanpa baterai. Pada saat berbelanja laptop aku sendiri tidak curiga alasannya adalah memang sudah hal biasa jika laptop jadul kebanyakan baterai dilepas dikarenakan baterai laptop telah rusak.





Setelah saya beli, lalu saya membelikan baterai gres supaya laptop mampu dipakai tanpa nancep di listrik. Setelah baterai dimasukkan ternyata laptop tidak mampu di hidup. Kemudian saya charge baterai laptop hingga sarat dengan kondisi laptop mati biar pengecasan lebih sempurna.





Setelah baterai sarat , charger eksklusif saya cabut tombol power saya tekan dan ternyata laptop masih tidak bisa nyala. Akhirnya charger aku tancapkan lagi kemudian laptop aku hidupkan dan ternyata laptop mampu hidup dengan normal, terus charger coba tak cabut ternyata laptop tetap hidup.





Kesimpulan Kerusakan





Berarti kalau ingin membangkitkan laptop dengan baterai mesti dipancing apalagi dulu menggunakan charger, baru kemudian laptop mampu hidup wajar mirip biasa. Intinya kalau cuma memakai baterai laptop, laptop tidak besar lengan berkuasa nyala dikala tombol ditekan.





Mengosongkan Baterai Laptop





Saya menjajal cara pertama untuk memeriksa baterainya baermasah apa tidak, yaitu dengan cara mengosongkan arus listrik pada baterai. Laptop aku hidupkan sampai baterai habis dengan settingan laptop tidak sleep saat dibiarkan.





Setelah baterai laptop 0%, dengan kondisi mati laptop saya charge hingga baterai sarat . Setelah baterai sarat lalu aku menjajal menghidupkan laptop dengan charger terlepas. Ternyata sama, laptop masih tidak nyala dan harus memakai pancingan charger terlebih dahulu.





Motherboard Bermasalah





Setelah baterai di cek dan kondisi masih sama, masalah di atas bisa disimpulkan bahwa yang rusak bukan baterai laptop gres tetapi pada motherboad.





Pada perkara seperti ini yang rusak ada pada IC laptop dan saya coba langsung mengecek IC Vcore. Setelah dicek memang ada duduk perkara IC sudah lemah dan mesti diganti.





Mengatasi Laptop Tidak Kuat Nyala Tanpa Bantuan Charger




Setelah IC diganti alhasil laptop hidup dengan normal, bisa dihidupkan dengan baterai saja. Berarti dilema terletak bukan pada baterai tetapi pada IC nya, jadi bila kamu memiliki perkara yang sama mampu jadi bukan baterai tapi IC nya.





Untuk mengubah IC kau bisa ke tempat servis laptop terdekat dan pahami apalagi dulu berapa biaya servis laptop dengan kerusakan tersebut.


Sumber spurs.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama