
Berulang kali aku menerima pertanyaan di inbox : bagaimana sih caranya Media Buying? Hari ini aku akan bahas tuntas, tapi sebelum lanjut, mesti digaris bawahi bahwa media buying bukan ‘mainan’ untuk semua orang.
Cara ini sangatlah riskan. Dan seperti pada umumnya cara yang sarat dengan resiko, cara ini yaitu salah satu cara untuk mengoptimalkan earning anda menjadi empat, lima bahkan enam digit dalam satu hari. Panduan ini yaitu untuk pemula yang hendak menjelaskan bagaimana mengawali dengan direct site-media buy, mudah-mudahahan, dengan meminimalisasi resiko yang ada.
Panduan media buying ini akan saya bagi menjadi 4 (empat) langkah gampang :
- Memilih offers dan melaksanakan riset
- Menyeleksi situs web yg menjadi target
- Menghubungi webmaster dari situs web dan perundingan
- Optimalisasi
Panduan Media Buying
Berikut ialah bimbingan media buying secara detailnya:
1. Memilih offers dan melaksanakan riset
Beberapa orang berpikir bahwa langkah 1 dan 2 yakni yang termudah. Well, berdasarkan pengalaman saya, justru itu paling susah. Saran saya, untuk menentukan offer yang manis, kontak saya Affiliate Manager dari Network anda. Dia niscaya akan ngasih tahu semua offer dengan EPC (Earnings Per Click) yang bagus. Biasanya dikasih dalam bentuk excel spreadsheet.
2. Menyeleksi website yg menjadi sasaran
Ada 2 (dua) cara untuk mendapatkan ROI yang tinggi dalam direct media buy. Yang pertama yakni dari situs web yang memiliki berita yang serupa dengan offer, tetapi dengan traffic yg jauh lebih berkualitas. Misalnya gini, websitenya Indovision seharusnya cocok untuk offer tentang TV Satelite. Dua-duanya menunjukkan produk yang serupa.
Atau cara kedua, ialah dengan mencari situs web dengan target demografi yang sama dengan offers yg kita pilih. Misalnya : situs web yang mengupas tentang rajutan, akan pas dengan offers mengenai skin care alasannya adalah pengunjung kedua website sama-sama perempuan separuh baya.
Sekarang coba kita pilih website yang menjadi sasaran. Kalau kita menentukan situs web yg niche untuk offer yg niche juga, itu gampang. Cari di google kata kuncinya, pilih 10-20 website yang memiliki posisi manis di google tapi tidak memiliki layout iklan yg elok. Kalau kita mencari situs web untuk offer yang biasa, seperti dating, games, download, dll; disini kita mesti mengawali dengan demografi pengunjung situs web sasaran kita. cara yg paling mudah untuk mengetahui demografi pengunjung yakni dengan Quancast Measure. Contohnya ini dr Bloglovin.Com.
Silakan sign up di Quancast, kemudian masukkan landing page offers yg kita pilih. Lihat demografinya. Kemudian masukkan situs web sasaran yang sudah kita pilih terlebih tadi. Masukkan situs web ke Quancast dan cari yang demografinya sama. Pastikan anda menentukan yang paling berhubungan /paling mendekati sama demografinya. Jangan menentukan yang hadirin/visitornya banyak saja.
Setelah menemukan situs web sasaran yang ber-demografi sama, kemudia sortir lagi : cari website sasaran yang mempunyai banyak Google Adsense. Contoh : untuk offer download Game Vance, sesudah menyaksikan data di Quancast, website target yang paling pas yaitu blog gosip selebriti, situs web image hosting dan beberapa situs web game untuk wanita. Yang terakhir tidak memiliki pengunjung yang banyak, tetapi sangat sesuai secara demografi.
3. Menghubungi webmaster dari website dan perundingan
Setelah menentukan website tujuan, hubungi pengelolanya dan perundingan, (tiga) cara untuk menelepon ialah : (1) cari form contact us atau email yag bisa dihubungi, (2) kalau tidak ada, atau mereka tidak membalas email; cobalah cari whois nya. Tipe pengurus website yang mudah untuk bernegosiasi adalah yang tidak pernah mendengar tentang affiliate marketing sebelumnya. (3) jika tidak ada whois, atau di perlindungan, cari tau pengelolanya melalui google.
Setelah mampu: telp mereka, email mereka, facebook atau apapun itu cara untuk memulai kontak dengan mereka. Inilah mengapa aku mengusulkan untuk mempunyai 15-20 daftar situs web sasaran, alasannya adalah terkadang mereka tidak menanggapi email kita.
4. Optimasi
Apabila anda berhasil berafiliasi dengan seseorang pengurus situs web, ini saatnya untuk perundingan. Informasi pertama yang mesti anda tanyakan adalah : average Unique View (UV) dan total number of page view. Semakin besar Unique View berarti semakin banyak non-repeat visitor, ini kian manis untuk iklan kita nanti.
Oke, banyak pengurus situs web yang kerap kali gila, seperti meminta $5 cpm. Cpm yakni sekali kita bayar untuk 1000 impresi. jadi jika situs web target itu memiliki 500,000 impresi perbulan, maka kita mesti bayar $2,500 buat pasang iklan sebulan. Ini sangat kemahalan. Kalau ada nego yg mirip ini telah tinggalkan saja atau sekedar basa bau minta percobaan/trial iklan kita selama satu hari, kemudian lewati.
Terus jelas saja, aku lebih menyukai harga yang flat untuk media buy. Kaprikornus, pengurus situs web sasaran mematok harga yg flat untuk era waktu tertentu. Ini jauh lebih mudah. Di beberapa masalah, CPM yang berlaku sama dengan dikala kita beriklan di facebook. Untuk target situs web dengan 750,000 impresi per bulan dan meminta 0.25 cpm, ambil saja. Cara berhitungnya adalah : (750,000x 0.25)/1000 = $188 per bulan. Cobalah minta untuk percobaan sehari terlebih dahulu sebelum memulai. Perhatikan data di tracking software yang anda gunakan, khususnya CTR iklan dan konversi.
Cara lain untuk media buying adalah dengan memakai AdServers sepeti OpenX, Adbucks, Adperium, Exoclick (adult), Jumptap (mobile), dll. Adservers ini semacam broker. Mereka bernegosiasi dengan banyak pengelola website dan yang tugas kita cuma memasukkan iklan kita yang paling oke kemudian melaksanakan bid. Ini jauh membuat lebih mudah karena kita tidak butuhbernegosiasi dengan pemilik websitenya langsung.
Baik direct media buy atau melalui adservers, meningkatkan secara optimal iklan adalah hal yang sangat penting. Buatlah 5-10 iklan sesuai dengan ukuran yang sangat sungguh eye catching, jikalau perlu pakai blink blink 🙂 atau audio. Jangan lupa untuk terus menyaksikan indikator eCPM di adservers. Jangan konsentrasi di CTR atau CR, fokuslah hanya pada eCPM – Effective Cost per Mille. eCPM berfungsi untuk mengenali seberapa besar keefektifitasan iklan kita.
Beberapa iklan yg menggunakan animasi selaku pelengkap akan mempunyai CTR yg tinggi tetapi barangkali rendah di CR (Convertion Rate). Ganti saja iklan yang mirip ini, fokus kita yaitu mencari $$$. Selamat mencoba!
Sumber harus di isi