Pencerahan Dari 4 Orang Ini Yang Mau Mengubah Persepsi Anda Kepada Seo. Baca Sekarang Atau Ketinggalan!

Gambar : Storyblocks

Saya bukan mahir SEO. Makanya aku lebih senang mendengarkan nasehat orang lain dikala ngobrol wacana SEO. Dari dulu aku selalu bilang, aku bukan orang yang tabah untuk mendapatkan traffic. Mempelajari affiliate marketing memungkin aku untuk banyak tahu banyak sekali tipe traffic dan bagaimana cara mendapatkannya dengan segera. Nah, itu yang menciptakan aku senantiasa mengalah dikala hingga ke praktek SEO. Oleh alasannya itu, aku angkat topi untuk teman-teman aku yang saya mintain pendapat perihal SEO kala lalu, abad now dan abad depan.


Metode yang saya gunakan untuk menggali gosip wacana SEO ini adalah dengan menanyakan 5 (lima) pertanyaan yang sama ke setiap narasumber yang ikutan. Saya berharap pembaca akan dapat memaknai perbedaan dengan baik, menerima motivasi dan pelengkap insight untuk bertandingmemperebutkan pejwan di mesin pencari.


Baca juga : 5 (+3) Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Anda Pacaran Dengan Seorang Internet Marketer


Jujur saja, aku menghubungi narasumber ini telah dari tahun lalu dan ‘agak malu’ karena baru mampu mem-publish goresan pena ini sekarang. Maafkan. Alasan khususnya alasannya saya mesti menanti Bixbux ganti kulit (theme) apalagi dulu. Alesan lain? Ya sebab kegiatan sehari-hari.


Yang saya mampu jamin yakni, kalau anda maen di SEO, usulan keempat sahabat aku ini mesti dibaca dengan baik, dan yang penting lagi, diserap dan dipraktekkan. Mereka menawarkan pendapat dari sudut pandang masing-masing tetapi ada contoh besar yang (bahkan) saya mampu tangkap secara empirik. Sengaja saya meng-klusterkan para mahir dengan asumsi : ada pemain Adsense, ada pemain toko online dan ada juga yang bergerak di pasar korporat.


Terima kasih yang sebesar-besarnya keempat orang sahabat-teman baik aku yang telah bersedia menyempatkan waktu menjawab pertanyaan yang aku usikan. Buat pembaca yang telah kadung mampir kesini, selamat menikmati!


Note : urutan di bawah ini berdasarkan huruf


A. FIRMAN (FB : FIRMAN SYAH)


Teman saya yang satu ini anak muda kurus, asal Surabaya, yang senantiasa berpikiran positif. Tiap kali kami ngobrol atau sekedar bersapa di messenger, ada saja ledekan yang saya sampaikan, namun dia gak pernah ngambeg. Saya suka nyengir kalo inget kemunculannya di dunia internet marketing di Indonesia, culun banget. Sudah lama temenan di FB tetapi gres kopdar pas Bandung Digital MeetUp tahun 2017. Firman tiba ke Bandung sambil honeymoon alasannya waktu itu gres saja menikah.


Selain mengurusi SEO, sekarang Firman sibuk dengan komunitasnya di Electo Media. Saya mengkategorikan Firman di underground SEO. Dan aku suka sobat-sahabat di underground karena memiliki ikatan pertemanan yang kuat dan tidak pelit berbagi ilmu. Asumsi saya pemasukan terbesarnya berasal dari Adsense. Tapi itu cuma perkiraan, alasannya adalah tiap kali saya ajak balapan earning dia senantiasa menghindar. Mungkin tahu, biarpun saya juga tampak  muda, namun yang kurus selalu mampu lebih singkat daripada yang gede (baca : gendutan – sambil elus perut) hehehehe..


Gambar : Dokumen pribadi sebelum nikah. Mungkin kini lebih kurus lagi sebab beban hidup 🙂


1. Mengapa anda kesengsem untuk mendalami SEO?


Ketika aku masih SMP, saya mendapatkan tugas perihal blogging dan berjalan sampai kelas 3 SMP. Namun dikala itu aku tidak mengetahui apapun itu ihwal SEO, Adsense, atau lainnya. Setelah itu vakum sampai beberapa tahun. Selang bertahun-tahun, dikala itu kelas 3 Sekolah Menengah kejuruan, saya sedikit terpesona untuk blogging lagi dan mempelajari sedikit-sedikit dan uji coba wacana wordpress, meskipun memakai hosting gratisan mirip webhost dan hostinger kalau ada yang pernah tahu.


Setelah berapa usang, aku sedikit mendalami SEO dari aneka macam sumber, seperti Ads.id, add facebook mastah-mastah SEO cuma sekedar untuk mencari insight-insght SEO apa yang terbaru. Saya ingat betul, waktu itu jarang banget kursus atau pembinaan SEO. Hanya ada seperti punya mastih Anne Ahira dan juga Cosa Aranda yang membuka pembinaan online seperti 28 Hari Panduan SEO, tetapi pada ketika itu untuk aku harganya tidak terjangkau, walaupun hanya ratusan ribu.


Oleh alasannya adalah itu, saya sendiri terpesona dengan SEO tidak cuma untuk mencari duit, namun saya ingin memperlihatkan value kepada banyak orang baik itu melalui tulisan aku di blog, coretan di facebook, maupun di member area saya mirip di Electo Media yang ketika ini saya bangkit.


2. Skill paling fundamental yang mesti dipunyai oleh orang yang ingin masuk ke dunia SEO?


Pada awalnya, saya sendiripun tidak mempunyai skill dasar. Yang di butuhkan hanyalah sedikit impian, keteguhan dan juga skill analisa. Karena SEO berdasarkan aku sendiri cara mainnya dari dulu sama saja. Hanya saja kualitasnya saja yang dinaikkan.


3. Tiga hal penting yang mesti diamati dalam SEO ketika ini?


Analisa, keteguhan, action.


4. Tiga kesalahan lazim dalam SEO?


Saya tidak akan berbicara kesalahan SEO, tetapi lebih ke fundamental. Yang tidak cuma di alami oleh pemain SEO, tetapi nyaris sebagian besar pemain IM (Internet Marketing).


Yang pertama, sebagian orang kerap kali suka di ributkan dengan hal-hal yang terlalu rumit, dan balasannya tidak jalan. Alias cuma sebatas desain, namun tidak secepatnya di hukuman. Konsep memang bagus, namun menjalan rancangan yang “tidak tepat” lebih anggun. Karena nantinya rancangan mampu di benahi atau di rubah seiring pekerjaan tersebut di hukuman.


Kedua, tak sedikit orang juga yang terlampau banyak rancangan. Konsep A bisa potensi menciptakan $100/day, desain B potensial $200/day. Padahal sebelumnya telah melakukan rancangan A, namun karena tau caranya konsep B, risikonya rancangan A di tinggalkan. Namun saat konsep B di laksanakan, ternyata caranya telah saturated sebelum menciptakan. Di segi lain konsep A sudah tidak jalan.


Yang ketiga, ini bisa di bilang penyakit hati, adalah sering “panas” menyaksikan earning mastah. Ada si A jualan online dengan SEO, mampu jual 100pcs per day, PANAS. Ada si fulan main affiliate pakai SEO, PANAS, dan seterusnya….


5. Masa depan SEO mirip apa nantinya?


Kalau berdasarkan aku sendiri, selama masih ada mesin telusur mirip Google, Yahoo, Bing, dll nya, SEO never die! But, you’ll never get anything if you don’t give your value!


B. AIRUL (FB : KHOIRUL ANWAR)


Perkenalan saya dengan Airul berjalan dengan segera dan memorable. Dia kontak saya sebagai akseptor BDM 2017 dan merespon status aku ihwal lowongan SEO Specialist di Bukalapak. Tapi alih-alih jualan diri, beliau malah terus terperinci belum pernah megang SEO e-commerce.  Saya yang kebingungan.


Tapi rupanya dari situ jalan hidupnya berganti. Berawal dari dialog itu, Airul membuat Manjadda – Sebuah e-commerce dengan gaya nyentrik. Manjadda sekarang menguasai berbagai macam keyword sukar di Google, terutama di bidang kesehatan dan kecantikan.  Airul ialah pola aktual yang bisa menciptakan weakness menjadi advantage.


Saat ini, selain sibuk di Manjadda, Airul juga mengurus mastahseo.com dan saya sedang ulik untuk mau menulis lebih banyak di Bixbux.


Baca tulisan Airul di Bixbux : Algoritma Google Brain


Pernah mengurusi SEO di perusahaan besar di Jakarta, kini Airul menentukan tinggal di Magetan. Ketika aku tanya kenapa dengan traffic yang membludak tapi gak maen Adsense. Dia menjawab enteng, kan monetize traffic gak mesti dari adsense om. Iya juga sik.


Gambar : Dokumen eksklusif

1. Mengapa Anda terpesona untuk mendalami SEO?


Saya yaitu tipe orang yang suka “ngulik”, jadi di dalam otak aku senantiasa ada pertanyaan “kok mampu gitu ya?”. Nah SEO merupakan wadah yang berdasarkan aku lebih sempurna jikalau daripada paid traffic untuk problem “ngulik”.


Kalau menurut sudut pandang aku, orang yang paham SEO niscaya mampu AdWords, dan besar kemungkinan gampang untuk mengenal FB Ads. Dan itu kenapa aku condong lebih mendalami SEO.


2. Skill paling mendasar yang harus dipunyai oleh orang yang ingin masuk ke dunia SEO?


Menulis. Itu yang paling penting berdasarkan aku. Backlink bisa kita mampu dengan sangat gampang saat kita mampu membuat goresan pena yang bagus, karena akan banyak orang yang mengutip tulisan kita dan menunjukkan sumber dalam bentuk backlink.


3. Tiga hal penting yang mesti diperhatikan dalam SEO ketika ini?


– Konsep


Membangun suatu situs web itu ibarat membangun suatu rumah. Dalam membangun rumah seorang arsitek niscaya akan membuat konsep-desain tertentu. Konsep akan memudahkan kita dalam melaksanakan SEO kedepannya.


– Boost Dwell Time


Jika seseorang datang ke salah satu halaman website kita dan ia tergesa-gesa klik button, maka ada yang salah dengan website kita. Bisa jadi page-speed buruk, atau mungkin goresan pena nggak bisa dibaca, atau UI dan UX acak-acakan, dan atau-atau yang lain.


Dwell time yaitu parameter Google memilih sebuah halaman website bermutu atau tidak. Cara kerja sederhananya yakni dikala pengguna tiba ke sebuah situs web (dari Google), kemudian klik tombol back, otomatis beliau akan kembali ke Google lagi. Dari situ Google mengukur Dwell time tersebut.


– Kualitas Backlink


Kita tidak mampu mengingkari bahwa sampai hari ini tugas backlink masih sangat berpengaruh dalam hal SEO. Namun ada banyak hal yang dikala ini kita musti mulai bangun kalau ingin menciptakan situs web kita baka di halaman 1, ialah mutu backlink.


Saya lebih senang menciptakan 1-2 backlink yang sangat-sungguh bermutu ketimbang membuat 100 backlink secara masal. Seringkali, pemain-pemain SEO membuat backlink secara masal, padahal dengan cara demikian kita sendiri tidak bisa mengukur berapa banyak backlink yang betul-betul baik dan mampu menciptakan page-one, dan berapa banyak backlink yang sebenarnya cuma parasit yang numpang beken.


4. Tiga kesalahan biasa dalam SEO?


– Spamming Backlink


Ketika mengatakan SEO, khususnya di Indonesia. masalah terbesar terletak ke bagaimana banyaknya pemain yang webnya muncul tenggelam. Kesalahan terbesar mereka yakni tidak memikirkan situs web mereka untuk jangka yang sangat panjang.


Saya ambil teladan keyword pakar SEO, website saya, mastahseo.com telah berada di halaman 1 Google semenjak 2014. Tentu saya mengamati siapa pun kompetitor aku dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, dan hanya ada tiga situs web yang senantiasa ada di halaman 1 google dalam 3 tahun terakhir, syamsulalam.net, maxmanroe.com dan mastahseo.com. Yang lain hanya muncul tenggelam.


– Load Speed Lambat


Ini yakni kesalahan biasa yang paling kerap terjadi, dan seringkali banyak yang mengabaikan. Jika kita melihat kemajuan Google dengan meluncurkan AMP project, ini merupakan sinyal kuat bahwa mereka pelan-pelan akan memprioritaskan situs web-website dengan load speed yang bagus.


Load speed yang bagus sangat berpengaruh ke dwell time yang sudah saya sebutkan di awal


– UI dan UX yang Buruk


Mari kita lihat situs web-situs web yang kini pada nangkring di halaman pertama, rata-rata pasti mempunyai UI dan UX yang bagus. Mari kita lihat perusahaan-perusahaan digital, berapa banyak duit yang mereka hamburkan untuk mengeluarkan uang hebat dibidang UI dan UX.


UI dan UX akrab kaitannya dengan kenyamanan user dikala berkunjung ke suatu halaman website, hal ini juga sungguh kuat ke dwell time.


5. Masa depan SEO mirip apa nantinya?


Jika kita menebak menurut data, kian kesini ruang lingkup SEO kian dipersempit. Tapi aku rasa SEO akan tetap ada, alasannya adalah Google butuh pemain SEO demi bisnis mereka, cuma saja ruangnya semakin dipersempit dengan inovasi mereka.


C. UDHI (FB : UDHI SAPTO VILANATA)


‘Udhi ialah usulan terbaik saya untuk skala PROFESIONAL. Analytics hebat, SEO pegang perusahaan besar, AdWords kliennya jempolan semua. Dia emang gak kondang di FB, tetapi beliau cukup populer di kelompok corporate’ – Begitu yang dikatakan Airul.


Melihat bio di FBnya, Udhi mengatasi klien besar semacam Bhinneka.com dan TonjooStudio.Id. Mastah yang ini sepenuhnya saran dari Airul. Saya sendiri belum pernah ketemu atau ngobrol sebelumnya. Mungkin itu yang membuat tanggapan dari Udhi menjadi straight to the point, simpel dan pendek tetapi berdaging 🙂


Gambar : Dokumen langsung

1. Mengapa Anda tertarik untuk mendalami SEO?


Karena SEO yaitu salah satu channel penting di digital marketing. Sedangkan digital marketing sendiri ialah passion saya.


2. Skill paling mendasar yang mesti dipunyai oleh orang yang ingin masuk ke dunia SEO?


HTML dasar serta cara berfikir yang sistematis


3. Tiga hal penting yang harus diamati dalam SEO ketika ini?


Kualitas Konten, Penerapan fitur2 Search Engine (AMP, rich snippet, Google My Business, dll), UI/UX (rancangan & navigasi yg baik, kecepatan web, dll)


4. Tiga kesalahan umum dalam SEO?


Menganggap backlink ialah semuanya, melakukan blackhat SEO, melupakan meningkatkan secara optimal Onpage


5. Masa depan SEO seperti apa nantinya?


Berhubung Algoritma SE makin kompleks, maka hasil penelusuran akan makin relevan dengan apa yang diperlukan user. Teknik-teknik blackhat akan berguguran satu persatu.


D. SHEMBAH (FB : YUSUF HADI SUSENO PUTRO)


Saya berteman dengan Shembah udah usang. Saya mengalami kurun saat RATAKAN didirikannya dan menjadi pioneer dan penguasa pasar marketplace produk digital di Indonesia. Walaupun sekarang sudah mulai meninggalkan dunia hitam (liat saja rambutnya – hehehe piss mbah), Shembah ini mempunyai ilmu mumpuni di SEO. Buktinya ia dikala ini mengelola SEO Domination, suatu  private course wacana SEO yang pesertanya sudah ribuan dan berasal dari seluruh Indonesia. Selain itu, Shembah juga mengurus Private Brokerpreneur Online dan beberapa online course lainnya.


Pria murah senyum dan humble ini juga menjadi banyak pembicara di berbagai acara digital dan kewirausahaan. Tinggal di Solo tidak meminimalisir semangatnya buat berkeliling dan membuatkan.


 


 


Gambar : Dokumen eksklusif

1. Mengapa Anda terpesona untuk mendalami SEO?


SEO yakni salah satu ilmu pemasaran “legenda” dalam dunia internet marketing. Di abad informasi ini, pastinya orang akan lebih prioritas mencari isu yg TEPAT untuk membantu mereka dalam memecahkan sebuah masalah – melalui suatu mesin pencari berita. Karena bekerjsama kita ini “menjual” gosip secara online.


Prioritas tersebut yang balasannya menciptakan suatu celah potensi bagi para usahawan berlomba-kontes menjadi yang terdepan, tercepat, ter-sempurna dalam menghidangkan info bagi para pencari gosip yang dikorelasikan dengan perjuangan atau bisnis. Tentunya saya mendalami SEO untuk menjadi bagian membantu orang dalam memperoleh informasi yang TEPAT tersebut dan tentunya mampu dikorelasikan dengan suatu peluang bisnis untuk pemecahan persoalan si pencari informasi.


Sejak aku kenal SEO dari tahun 2006, SEO masihlah sebuah seni dari ilmu penjualan online yang tidak niscaya. Banyak formula yang dilaksanakan oleh para master-master SEO. Namun sejak 2010 hingga ketika ini aku mengembangkan dengan mengajar SEO pada public, saya semakin BELAJAR bahwa SEO bukanlah sekedar – teknik mengoptimasi sebuah situs web ataupun mengoptimasi keyword untuk berada di halaman pertama mesin telusur.


SEO bagi aku yakni bagaimana menempatkan suatu BRAND di dunia online melalui mesin penelusuran. Dengan menanamkan edukasi merk activation seperti kita berkata bahwa “informasi yang anda cari ada di merek toko/ merek produk saya”.


Saya membayangkan jika orang akan mengetikkan suatu kata kunci natural, yang tentunya tidak bisa diukur hanya dari tool analytic, merk kita akan tersajikan di halaman pertama mesin pencari. Kemudian orang tersebut selanjutnya akan eksklusif mencari / mengakses pada – merk – yang kita miliki. Dengan demikian aku juga terlepas dari sengitnya persaingan di mesin penelusuran. Daripada hanya bersaing di 10 peringkat pertama, aku lebih pada bersaing menjadi terdepan di benak pelanggan.


Lebih dalam lagi, jika diperhatikan masing-masing dari channel penjualan online juga memakai kaidah optimasi sendiri. Biasanya ini disebut dengan algoritma. Nah, SEO juga ada masuk dalam algoritma sebab bertujuan bagaimana agar produk kita lebih cepat dan mudah didapatkan oleh si kandidat pelanggan dikala mengetikkan kombinasi keyword .


Pada hasilnya….tujuan simpulan aku sebagai seorang usahawan yaitu mengenalkan brand jualan aku kemudian bagaimana menciptakan merk saya tersebut lebih dikenal khalayak serta berada pada nomor satu di benak mereka melalui pemasaran online.


2. Skill paling fundamental yang mesti dipunyai oleh orang yang ingin masuk dunia SEO ?


Buat saya, skill mendasar ialah ALUR bagaimana SEO berlangsung + sedikit hal dasar dalam teknikal (menciptakan website, seo on page, dll). Misalnya apa saja sih yang mampu di optimasikan. Bisa berupa situs web, mampu berbentuksocial media, dsb.


Website buat saya adalah yang paling UTAMA. Karena melalui website segala hal insyaAlloh mampu kita kendalikan.


Skill selanjutnya adalah menyaksikan bagaimana SEO itu nanti akan menolong menghadirkan jumlah kunjungan lewat TARGET MARKET yang tepat. Saya memakai konsep jarring seperti nelayan. Melalui SEO sebenarnya kita ini sedang mencoba mendapatkan banyak ikan. Namun nantinya kita akan tahu ikan mana yang hendak menjadi target utama kita. Sehingga umpan selanjutnya akan langsung menyasar ikan tersebut.


3. Tiga hal penting yang mesti diperhatikan dalam SEO saat ini ?


Menurut saya 3 hal penting yang harus diperhatikan ialah :


A. TUJUAN dari kita melaksanakan optimasi SEO apakah traffic, ataukah branding, dsb.

B. SIAPAKAH target market hasil dari optimasi tersebut.

C. CHANNEL promosi online yang akan dioptimasi. Masing2 mempunyai contoh dan itulah yang akan kita gunakan dalam meningkatkan secara optimal


Harapan saya adalah kita mampu FOKUS ke bisnis bukan sekedar teknis. Temukan formula yang tepat dalam meningkatkan secara optimal lalu ulangi ulangi dan penilaian mana yang berhasil untuk bisnis kita


4. Tiga kesalahan umum dalam SEO ?


Pada dasarnya tidak ada benar atau salah dalam ilmu yang tidak pasti ? Namun tetap saja ada mindset-mindset / persepsi yang perlu diluruskan.


– SEO bukanlah suatu standar kesuksesan dalam bisnis. Masih banyak hal yang perlu dikombinasikan dengan formula SEO tersebut

– SEO bukanlah hasil yang INSTANT mengenang bahwa ada proses yang harus dijalani

– SEO bukanlah ilmu pasti sehingga kita harus senantiasa rajin mempelajari cara kerjanya untuk mendapatkan formula yang pas bagi bisnis kita. Tiap usaha akan berlainan dalam hal teknikal promosinya.


5. Masa depan SEO mirip apa nantinya ?


3-5 tahun mendatang saya melihat persaingan akan kian gencar. SEO sendiri seperti yang aku sampaikan di atas adalah – salah satu factor dalam algoritma masing2 platform atau channel penawaran khusus. Pada dasarnya ilmu SEO optimasi insyaAlloh tidak akan mati. Hanya akan berubah bentuk saja atau berubah cara pakainya di masing2 channel penawaran spesial.


Bagi para usahawan, SEO yakni semacam mata kuliah wajib yang mesti anda pahami cara kerjanya. Karena nantinya semua hasil penelusuran akan menjadi dasar penawaran khusus online. Misalnya mesin telusur menggunakan keyword . Sosial media memakai hastag. Masing2 akan mempunyai ciri khas penelusuran tersendiri.



Thats a wrap!



Sumber mesti di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama