Snapchat Siap Mencoba Mendapatkan Semakin Banyak Pengguna

Snapchat yakni aplikasi yang termasuk baru untuk aplikasi berbagi foto yang unik dengan cara kerja yang sederhana. Salah satu keunikannya ialah pengguna dapat mengantarkan video atau foto melalui Snapchat dan kemudian mengatur berapa lama foto atau video tersebut dapat dilihat oleh penerima. Setelah waktu yang telah diset sebelumnya habis maka pesan akan terhapus secara otomatis dari ponsel si peserta. Sekilas sejarah ihwal aplikasi berbagi foto dan video ini, Snapchat dikembangkan oleh dua anak muda. Evan Spiegel yang menjabat selaku CEO dan bobby Murphy selaku CTO. Mereka berdua ialah mahasiswa dari Standford University pada tahun 2009. Waktu itu Spiegel yakni mahasiswa di Jurusan Desain Produk dan Murphy adalah mahasiswa di Jurusan Ilmu Komputer.


snapchat photo
Photo by pestoverde

Proyek pertama mereka ialah membuatkan suatu web untuk membantu para siswa Sekolah Menengan Atas untuk mengikuti proses penerimaan mahasiswa sekolah tinggi tinggi. Yang kemudian proyek tersebut dinamakan “future freshman”. Namun sayang website tersebut dinilai gagal. Kemudian mereka berdua mencoba ke bidang mobile photo-sharing. Mereka merasa perlu menyebarkan aplikasi tersebut sebab pada saat itu sudah banyak aplikasi serupa dan mereka menjajal membuat suatu perbedaan dari yang pernah ada. Akhirnya berkat usaha dan kerja keras mereka, pada September 2011 Snapchat risikonya rilis di Appstore.


Snapchat hanya butuh waktu singkat untuk mencoba mendapatkan pengguna. Januari 2012 Snapchat telah berhasil mencatat foto yang masuk dalam aplikasi tersebut meraih 5 juta foto perhari. Kemudian menyusul untuk Android pada November 2012 dan sudah mampu ditebak bahwa hal tersebut akan sangat banyak memperbesar pengguna Snapchat. Akhirnya pada bulan Mei 2013, tercatat 150 juta foto foto masuk ke dalam aplikasi ini. Banyak kesuksesan yang dituai oleh Snapchat, salah satunya adalah berhasil masuk ke daftar 10 aplikasi paling top di Appstore. Karena kesuksesannya banyak investor yang terpesona untuk menginvestasikan dana mereka di Snapchat. Pada Juni 2013, Snapchat mendapat masukan dana investasi sebesar 60 juta dollar AS dari Institutional Venture Partners. Saat ini nilai valuasi Snapchat pun meningkat tajam. Tercatat telah mencapai 800 juta dollar AS, yang berarti dengan nominal tersebut sudah berhasil mengalahkan Instagram ketika dibeli oleh Facebook sebesar 1 milliar dollar AS tahun kemudian, namun nilai Valuasi instagram saat itu “hanya” 500 juta dollar AS.



Sumber mesti di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama