Youtube lagi rame.
Well, dari dulu juga udah rame, hanya sekarang lebih rame lagi. Menurut statistik, situs ini memiliki 1 milyar pengguna. Setiap tahunnya ada lebih dari 1 trilliun views. Setiap hari, ratusan juta jam video dilihat oleh orang di seluruh bagian dunia. Di Amerika, Youtube bahkan mengungguli jaringan televisi berbayar di usia 18-34. Sekali orang melihat video, beliau akan menghabiskan rata-rata 40 menit. Lebih dari separuh pengguna Youtube berasal dari mobile. Nah, ini adalah cara menjadi youtuber yang lengkap.
Traffic yang sedemikian besar sudah dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk menjadi Youtubers. Ini nama orang yang naekin video di Youtube. Di Indonesia, subscriber terbanyak (per 26 Oktober 2016) secara sukses dicapai oleh :
Raditya Dika
Kalo nggak ngerti siapa Raditya Dika ya kebangetan. Artis, producer, komik – StandUp komedian, hingga dengan Blogger masih disandangnya dikala ini. Sori kebalik ding, mustinya blogger duluan gres yang laen, karir awalnya kan dari situ. Tapi tetep saja, aku lebih suka liat radit ngeblog daripada maen film. Sayang blog-nya udah gak keurus. Mungkin doi lagi sibuk. Aktingnya, menurut saya, pas-pasan banget. Sori dit.
Youtube channel : Raditya Dika
Walopun begitu, tetap aja beliau punya subcriber terbanyak di Youtube se-Indonesia. Dua juta orang lebih sudah subcribe dan video views nya mendekati aneh : hampir 200 juta views. Videonya berkisar di komedi. Selain dongeng perihal ‘Malam Minggu Miko’ yang dulu diputar di KompasTV, ada juga beberapa tips, kegiatan shooting film-nya tergolong teaser film-nya yang akan rilis. Berapa kira-kira pendapatannya dari Youtube? Menurut Socialblade, ini ia :
***Hahaha..Raditya Dika dengan 363 video aja mampu segitu earningnya. Konsisten lagi. Lah elu, udah kesana kemari nyari backlink, kelimpungan nyari konten, sukar-sukar manual upload, pake seribu satu macam tools yang bikin kantong kempes belum lagi mikir VPS sama diusir hosting (khusus yang pake AGC), tetep aja kena banned sebelum tanggal 25. Hiks. << paragraf ini dikhususkan bagi yang ngerti saja.*** #kaboooorrrrrrr
Edho Zell
Jujur saja, aku gak tahu siapa orang ini. Setelah browsing-browsing gres paham, doi ini ternyata seorang full time Youtuber. Isinya channelnya pada umumnya wacana parodi, ada juga skema komedi dan prank. Lucu-lucu bro. Sampe ngakak ngeliatnya. Walopun masih jauh dibawah Radit, tapi subcriber Edho terus meningkat.
Youtube channel : Edho Zell
Mau tau kira-kira si Edho ini dapet berapa earningnya? Videonya udah 262 dan berjanji akan ada video gres setiap hari senin dan kamis. Durasi video juga bermacam-macam, ada yang 2 menit namun ada juga yang 11 menit. Mungkin sebab Edho ini fulltime di Youtube maka konten yang dihidangkan sangat terurus. Maksud aku, beneran ada tim dan studio yang mengurusi setiap video yang tayang. Salut.
Kalo diliat dari statistik, pemasukan Edho lebih banyak dari Raditya Dika. Berarti engagement terhadap iklan juga lebih banyak. Yang berulangkali disebut oleh Youtube. Mereka tidak mengeluarkan uang sebab jumlah views, namun alasannya adalah orang yang menyaksikan video ads atau yang nge-klik iklan. Bisa jadi dikarenakan video-nya Edho lebih pendek dan dengan konten yang bertema sama jadi kesesuaian iklan yang nongol lebih tersadar.
Musica Studio
Dari jumlah subscriber, Youtube channel dari Musica Studio tergolong yang jawara. Subscribernya nyaris 1 juta. Video yang telah diupload juga gak nanggung-nanggung, ada 719 video. Kebanyakan video klip dari artis yang bernaung di label Musica, seperti D’Masiv, Noah, Geisha, Nidji, Project Pop bahkan hingga dengan Iwan Fals. Video views-nya aneh, setengah milyar lebih.
Youtube channel : Musica Studio
Melihat terhadap statistik, pastinya dengan views yang sedemikian besar, Musica Studio mempunyai pendapatan yang bikin ngiler. Setiap hari diperkirakan meraup $193-$3.100. Dengan kurs 13 ribu saja, Musica Studio menerima 40an juta setiap bulannya. Selamat terdiam.
Masih banyak Youtuber laen dengan pendapatan yang hebat. Tapi gak akan dibahas lebih lanjut. Nanti bisa membuatBaper yang udah lama di Internet Marketing tetapi $1.000 per hari aja masih resah caranya gimana.
Nah, hampir semua dari top 5 ini, bahkan di top 10, berada dalam kategori Entertaintment atau Komedi. Top 10 di tingkat dunia juga rata-rata berada dalam klasifikasi tersebut. Ada 4 artis yang masuk ke daftar subscrber terbanyak : Justin Bieber, Rihanna, One Direction dan Taylor Swift. Sedangkan selebriti Youtube dengan views dan subcriber terbanyak yaitu Youtuber dari Swedia : PewDiePie dengan 2992 video, total subcriber nyaris 50 juta dan lebih dari 13 milyar video views. Edan!
Penempatan Iklan di Youtube
Ada banyak rumor, isu dan bahkan hoax yang disemburkan perihal bagaimana cara Youtubers ini dapet uangnya. Pernah dapet infografik hoax yang bilang kalau bertambah banyak orang share status di Facebook maka kita akan dapet uang? Di Youtube juga beredar hal yang serupa. Kebanyakan orang berpikir, kian banyak orang yang menyaksikan video kita maka akan kian banyak juga pendapatan. Well, itu memang yang lazimnya terjadi, namun bahu-membahu bukan seperti itu.
Youtube berulang kali memastikan, mereka tidak membayar karena jumlah views, tetapi karena orang yang menyaksikan iklan di channel kita. Semakin banyak orang yang menyaksikan full ads atau meng-klik iklan yang nongol, bertambah banyak duit yang didapat.
Ini seperti maen bola, semakin banyak assist yang kita buat, maka kemungkinan untuk gol juga lebih besar. Makara tetep saja, bertambah banyak orang liat views, ya kian besar kemungkinan orang nge-klik iklan yang ada. Secara garang, Youtubers bisa menerima $5-$9,35 per 1000 video ad views (iklan video yang nongol sebelum video benerannya). Kalau iklan banner, rata-ratanya di $0,8 per 1000 views (tergantung juga bagaimana CTR iklannya sih).
TubeMogul, penyuplaijasa iklan video menyebutkan, rata-rata Youtubers mampu $2.000 di setiap 1 juta views, dan YouTube ambil sekitar 45%-nya. Di situs yang lain disebutkan, dari setiap 1 juta views, seorang Youtubers mampu menerima $5.000. Ini artinya banyak aspek yang mensugesti pendapatan sebagai seorang Youtubers, tetapi memang makin besar jumlah views on video, makin besar pula kemungkinan untuk menerima duit yang lebih banyak.
Display Ads
Hanya ada di desktop saja. Ukuran 300×250 atau 300×60. Muncul disebelah kanan video dan di atas video suggestion. Format yang lebih besar mampu timbul di bawah video player.
Overlay Ads
Iklan semi-transparan yang muncul interupsi pada ketika video diputar. Posisi berada di 20% bab bawah video. Hanya muncul di desktop dengan ukuran 468×60 atau 728×90, bisa berbentuktext atau image ads.
Skippable Video
Secara konsep, iklan ini bisa muncul di depan, tengah atau di selesai video. Tapi pada umumnya yang kita liat ya yang ada di depan. Iklan ini mampu di skip sesudah 5 detik. Muncul di desktop, mobile, TV atau di game consoles.
Non-skippable Video Ads
Ini iklan yang maksa banget. Lagi liat video datang-datang berhenti dan nongol iklannya, video sepanjang optimal 30 detik dan gak mampu di skip. Biasanya ada di tengah dan belakang video, namun rupanya sering timbul juga di depan.
Bumper Ads
Ini tetap non-skippable namun videonya lebih pendek. Rata-rata durasi 6 detik saja. Muncul di desktop atau mobile.
Sponsored Cards
Sebetulnya ini yaitu teaser dari video yang sedang diputar, atau yang kira-kira mempesona buat diliat. Muncul cuma beberapa detik saja dan mampu di klik untuk diliat lebih lanjut.
Beberapa iklan lain di Youtube yakni : Masthead (ini kayak Cover kalo di Facebook – boleh dipasangin iklan, umumnya nyuruh orang buat subscribe), Promoted Videos (iklan di youtube search), dan yang lain.
Strategi Membuat Video Youtube
Ketika aku menunjukkan tips untuk ngeblog di PanduanIM, banyak yang menanyakan pribadi : lu abnormal ya, masak ngasih kiat orang ngeblog dengan ‘Lupakan SEO’!. Saya hanya senyam-senyum aja, ni orang gres pada tahu kalo gua asing hahaha
Hal yang serupa terjadi di Youtube. Ini Youtuber dengan earning paling tinggi sedunia, PewDiePie, menerangkan bahawa apa yang ia lakukan yaitu membuat video. Dimulai dengan video ihwal games hingga dengan apa yang beliau lakukan kini.
PewDiePie tells it from the heart. Making money hasn’t changed his passion for making videos or his attitude and approach toward making money primarily as a creator. “It’s just something that I love to do”, he says.
Ini sedikit berbeda dengan beberapa Youtubers amatiran dari Indonesia. Kebanyakan mereka udah berpikir bagaimana menerima uang dari Youtube. Walhasil, video yang dihasilkan terasa hambar dan tidak dari hati. Konsistensi menjadi tidak stabil karena dia tidak melaksanakan apa yang ia suka. Cara menjadi youtuber seperti itu biasa disini.
Cara Menjadi Youtuber
Berikut yakni beberapa tips konten video yang mampu dijalankan kalau anda ingin menjadi seorang Youtubers :
1. Ini adalah hal paling penting sebelum anda menciptakan video
Tanyakan ke orang sekitar anda mengapa mereka mau meliat video di Youtube? QuickSprout menjawab pertanyaan ini dengan dua hal. Orang menyaksikan Youtube karena : 1. Ingin mencari berguru dan solusi problem yang mereka punyai dan yang 2. Mereka ingin hiburan. Cuma dua itu saja.
Seorang teman kemaren bercerita bagaimana tetangganya mulai menciptakan 12 juta rupiah sebulan dari Youtube. Video ada 50an kini dan idenya mudah, ihwal mainan belum dewasa. Dia mendapatkan earning pertama sesudah upload sekitar 30an video ihwal mainan anak-anak. Itupun gres sekitar 1,4 juta. Learning curve dari Youtuber ini yaitu sekitar 4 bulanan. Maksudnya, empat bulan pertama beliau cuma telaten meng-upload video saja. Tidak ada pemasukan sama sekali. Di bulan ke 5 baru mendapatkan earning pertama. Hepinya luar biasa.
Idenya yang aneh : belum dewasa jaman kini gak ada yang buta wacana Youtube. Jadi mereka bakal nyari maenan yang mereka suka di youtube. Jujur saja, aku telah berbagai menyaksikan fenomena seorang anak rewel dan kemudian diputarkan video wacana maenan kesukaannya di Youtube oleh orang tuanya pake iPad atau handphone. Anaknya kemudian gak jadi rewel, konsentrasi melihat video.
Target ke anak-anak ini sangat menguntungan. Jelas mereka tidak akan SKIP ads-nya. Mereka akan menyaksikan iklan sebagai bagian dari video yang mesti mereka liat. Yang kedua, belum dewasa sangat memungkinkan meng-klik iklan dengan sengaja atau tidak sengaja, hanya alasannya mereka tidak memahami itu apaan.
Beberapa top 20 Youtuber sedunia juga menyasar ke niche ini. Berarti menguntungkan. Ya kan?
2. Buatlah Video Pendek
Youtubers di Indonesia mempunyai video rata-rata diatas 10 menit. Raditya Dika malah diatas 40 menit alasannya adalah episode ‘Malam Minggu Miko’ memang tayang di KompasTV (pada dikala itu). Tapi tetep saja, buatlah video yang pendek. Gak perlu panjang. Apalagi kalau anda membuat video amatir.
3. Lighting! Lighting! Lighting!
Perhatikan unsur yang satu ini. Banyak problem yang timbul di video Youtube sebab pencahayaan yang tidak mendukung. Bahkan sebuah video kamera yang mahal (terlebih kamera handphone) masih kesusahan menangkap image yang sangat detail. Kalau anda serius, beli saja Soft-Box Lighting Kit yang banyak dipake oleh photographer profesional.
4. Edit Video
Banyak yang berpikir, mereka mempunyai konten yang cantik untuk video tetapi dengan sembrono mengupload video yang masih mentah. Kalau ingin tampakprofessional, jangan lakukan itu. Edit videonya, pemirsa berhak menerima konten video yang bermanfaat dengan gambar dan suara yang terang. Hilangkan konten yang tidak butuhdan jangan lupa tambahkan opening tittle (sesuai dengan brand Youtube Channel yang anda punya dan juga musik.
Edit video bisa dikerjakan dengan aneka macam video software mirip : Movie Maker, iMovie, Camtasia atau VirtualDub. Khusus untuk musik, untuk menerima musik instrumentalia yang mampu dipakai oleh semua orang, silakan liat di : Free Music Archive. Ingat, Youtube mempunyai kebijakan yang sungguh ketat wacana musik. Sekali anda pakai musik orang lain, akun anda akan di banned.
4. Masukkan Judul dan Deskripsi Video dengan tepat
Biar bagaimanapun juga, Youtube ini punya Google. Untuk menambah kekuatan video semoga mudah didapatkan, masukkan judul dengan pertimbangan basic SEO. Cari dulu ‘keyword ’nya dan masukkan ke judul. Jangan lupa masukkan keyword itu di deskripsi juga, ini mampu dikerjakan dua kali di deskripsi. Algoritma Youtube tampaknya tidak banyak berlaku di judul dan tag alasannya keduanya sangat terbatas. Kaprikornus pasti di deskripsi. Please note : lupakan keyword stuffing. Gak perlu. Beneran deh.
Kalau anda memiliki website, atau beberapa kali menyebut nama situs web di video, tulis nama websitenya di deskripsi dan berikan out-link. Jangan lupa juga tulis related keyword-nya di ‘Tag’ juga
5. Pilih Thumbnail Secara Tepat
Youtube akan menunjukkan 3 pilihan untuk thumbnail, satu pada dikala 1/4 video, 1/2 video dan 3/4 video. Seperti dengan judul, seleksilah gambar yang mau membuat orang terpesona untuk meliat.
6. Buat Playlist
Salah satu fitur yang jarang diketahui orang adalah fitur playlist. Youtube memperbolehkan kita untuk mengontrol urutan video yang sudah kita upload. Kita bisa atur video mana yang akan diputar sesudah video yang pertama habis. Keuntungan lain dari playlist ini yakni kemungkinan video kita untuk timbul di paling atas pada ketika penelusuran video di Youtube setelah kita memutar video tertentu. Caranya gampang : masuk ke Video Manager, klik ‘Playlist’ dan klik lagi ‘+New Playlist’. Voila!
7. Pergunakan Annotations
Ini semacam text (umumnya warnanya ngejreng dan pake blink-blink yang suka nongol kalao kita lagi muter video) yang suka nyuruh-nyuruh kita untuk subcribe. Annotations ini juga mampu di klik. Beberapa orang bilang ini ialah alat yang ditawarkan oleh YouTube untuk nyepam. Cara buatnya juga gak sukar : masuk saja ke Video Manager, disebelah video yang hendak di edit klik tanda panah kebawah yang ada disebelah kanan sajian ‘Edit’. Kemudian klik ‘Add Annotations’ disebelah kanan, dan klik ‘Apply’ saat sudah beres masukin text di annotations.
8. Pastikan Landing Page-nya mobile responsif
Kalau anda menetapkan untuk memakai annotations yang mampu di-klik, pastikan anda menggunakan landing page yang mobile responsif. Ini sebab seperti yang sudah saya obroilin di awal, separuh pengguna Youtube ialah dari mobile.
9. Bikin video secara regular
Ini tantangan terberat seorang Youtuber. Biasanya ada saja gangguan untuk mampu posting yang regular dan terpola. Padahal ini yaitu hal yang sangat penting. Bisa saja postingannya dinantikan betul sama pemirsa. Bisa saja.
10. Bagiin Video di Sosial Media
Sebagai sesama kawasan untuk narsis, adalah ialah keharusan untuk membagi video di Facebook, Twitter atau bahkan previewnya di Instagram atau Path. Social sharing menjadi kunci viewers yang bertambah. Semakin banyak yang share, bermakna video kita semakin diminati.
11. Mulailah berinteraksi sesama Youtuber
Sekarang sudah banyak kopdar yang diselenggarakan, baik oleh Youtuber atau secara resmi oleh Youtube-nya pribadi. Ini WAJIB dateng. Bisa nambah pengetahuan, nyegerin anggapan sama nyari yang bisa di-baperin. 🙂
Selamat menjajal !
Sumber harus di isi