Apa Itu Nft Dan Crypto Art? Berikut Yaitu Panduannya

Apa Itu NFT ? Anda mungkin sudah menyaksikan adanya obrolan perihal NFT selesai-selesai ini. Apakah Anda harus peduli pada NFT? Jawaban sederhananya, iya. NFT bukan hanya sekedar tren sesaat, sama mirip iTunes dan streaming platform yang mendigitalisasi pengalaman menyimak musik, NFT juga mendigitalisasi dunia seni dan barang-barang yang dikoleksi.


Definisi NFT


NFT ialah singkatan dari Non-Fungible Tokens yang mempunyai arti bahwa token tidak mampu dibentuk ulang atau digantikan. Fungible sendiri berarti dapat digantikan, non-fungible jadi bermakna tidak mampu digantikan dimana menimbulkan NFT sesuatu yang unik.


Contoh dari fungible: Dolar dan koin mampu ditukar satu sama lain dan mempunyai nilai yang sama. Dengan kata lain, 1 dolar dari mata uang negara lain dapat ditukar dengan dolar yang lain karena mereka memiliki nilai yang sama.


Contoh dari non-fungible: Bayangkan ada 2 mobil yang serupa. Meskipun mereka merupakan 2 mobil yang sama namun mereka tidak mampu ditukar dengan nilai yang serupa alasannya ada beberapa aspek yang mensugesti mirip berapa umur kendaraan beroda empat hingga apakah kendaraan beroda empat masih dalam keadaan baik atau tidak.


Terdapat beberapa tipe NFT yang berada di definisi utamanya tetapi 2 klasifikasi paling besar adalah digital art dan digital collectibles.


NFT menggunakan teknologi blockchain yang dipakai juga oleh cryptocurrency dan mengakibatkan aset digital mampu dilacak dan diverifikasi, pada beberapa kasus, aset tersebut menjadi langka. Ini merupakan hal yang belum ada sebelumnya dan itulah yang memungkinkan adanya digital art dan digital collectibles. NFT yang sesungguhnya ialah token digital yang merujuk pada foto atau video. Ada beberapa use case yang lain tetapi use case ini ialah hal yang paling umum dikerjakan.


Marketplace NFT


NFT dijual utamanya lewat marketplace yang kondusif. Marketplace yang paling menonjol ketika ini yakni:



  • Nifty Gateway: Membeli NFT dapat dijalankan dengan menggunakan kartu kredit atau cryptocurrency seperti Ether. Ini merupakan hal yang paling mustahil dilaksanakan di marketplace lain yang mengharuskan user untuk melakukan pembelian secara eksklusif di EtheWhile. Ini merupakan langkah yang sederhana tetapi ialah penghalang yang cukup besar.

  • SuperRare: Mereka cuma menampilkan 1 of 1’s dimana yang ditampilkan sungguh dipilih. Format lelang memungkinkan pemilik untuk mendapatkan usulan teratas kapan saja terkadang dengan countdown 24 jam untuk memberi tahu kolektor kapan usulan itu akan rampung.


Terdapat banyak platform open source yang lain dimana siapapun mampu menciptakan NFT mereka tanpa kurasi atau kesepakatan.



  • Rariable: Open platform bagi siapapun untuk membuat NFT tanpa mesti disetujui terlebih dahulu

  • OpenSea: Marketplace NFT dimana Anda dapat membuat NFT tanpa harus membayar ongkos transaksi di ETH

  • Block Party: Platform NFT yang digabung diatas protokol NFT

  • Makers Place: Rumah lelang menawarkan skema NFT unik kepada para creator


Selain itu terdapat juga beberapa tipe peluncuran yang perlu diketahui:



  • Auctions: Hal ini beraneka ragam antar platform tetapi lelang dijalankan di lelang publik atau lelang private

  • Drawing: Hal ini intinya ialah undian dimana Anda masuk dan hanya dikenakan ongkos bila Anda menang.

  • Open Edition: Untuk rentang waktu tertentu (lazimnya 2-15 menit), NFT dalam jumla tak terbatas dapat dibeli. User mampu membeli 0 hingga ribuan NFT.


Di awal bulan Januari, ada beberapa NFT yang diluncurkan oleh musisi atau berkolaborasi dengan musisi dimana hal ini tentu memberi tahu seberapa banyak NFT akan mensugesti industri.


Berikut adalah beberapa hal yang pertanda bahwa NFT dapat mempengaruhi industri.


RAC memegang rekor pemasaran single termahal sebanyak $26.185 di SuperRare


RAC ialah musisi mapan dan telah mengungguli penghargaan Grammy di antara penghargaan yang lain. Ia berkolaborasi di animasi video dengan Andres Reisinger yang memperlihatkan sound bite pribadi RAC yang berjudul “Elephant Dreams”. Pada Oktober 2020, hal tersebut terjual seharga $26.185 via SuperRare.  Saat ini, single tersebut ialah NFT termahal di industri musik sampai dikala ini.



3LAU sudah melakukan beberapa perilisan yang berlainan dimana hal ini berarti membuka pintu bagi musisi ke industri yang baru ini. Ia menghasilkan penjualan lebih dari 1 juta dolar dalam rentang waktu 8 bulan melalui beberapa seri perilisan yang berlawanan. 3LAU sendiri sudah menjadi penunjang besar bagi industri blockchain atau teknologi crypto. Ia bahkan meluncurkan festival musiknya sendiri yang didukung oleh blockchain Stellar. Untuk bisnisnya, ia bekerjasama dengan seniman digital yang telah diketahui publik yaitu Slime Sunday untuk sebagian single nya dan sudah ada 2 single yang diluncurkan sejauh ini. Mereka juga sudah bekerjasama dengan beberapa marketplace besar mirip Nifty Gateway, SuperRare, Blockparty, Makers Place dan Flamingo Dao.


Untuk single terakhirnya, Ia menampilkan single terbarunya adalah ‘Everything’ yang berhubungan dengan Nifty Gateway.  Untuk mendapatkan NFT dari single ini, pembeli juga mendapatkan representasi fisik dari lagu tersebut dalam bentuk soundblock. 3LAU menghasilkan lebih dari $252.000 dari single ini.



deadmau5 sudah memperlihatkan 3 single sejauh ini dan telah menghasilkan penjualan sebanyak $500.000.


Sebagai salah satu nama yang terkenal di dance music dan menjadi early adopter di teknologi ini, cukup masuk nalar mengapa Ia mulai masuk ke industri ini. Ia meluncurkan NFT pertamanya di December 2020 ketika ia menjual 1-of-1 video audio-reactive via SuperRare yang terjual dengan nominal $49.777 secara instan menjadi salah satu NFT termahal hingga hari ini. Ia kemudian secepatnya menindaklanjutinya dengan perusahaan digital collectible miliknya yang bernama RAREZ dan dalam single pertamanya yang diluncurkannya bersama dengan  WAX, beliau memasarkan 6000 paket permulaan dari barang digital collectible acak yang nilainya beraneka ragam dan menciptakan penjualan sebanyak $96.490.


Ia juga bekerjasama dengan Mad Dog Jones,  seniman yang sudah mempunyai nama di industri. Mereka berafiliasi dengan deadmau5 memperlihatkan original music dan Mad Dog menunjukkan gaya khasnya yang memasukkan beberapa kepala mau5 ke dalam karya seni tersebut. Kolaborasi ini dikerjakan dengan Nifty Gateway dan menghasilkan lebih dari $340.000.


Paket Deadmau5 Rarez bukan digital art namun merupakan digital collectibles, mirip namun berbeda dalam beberapa hal.



Two Feet bekerjasama dengan digital artist FEWOCIOUS yang berumur 18 tahun dan menciptakan 1.05 juta dolar di single pertama mereka.


Penyanyi/produser Two Feet berkolaborasi dengan  FEWOCIOUS, seniman yang berhasil besar di komunitas NFT. Drop ini diluncurkan saat berhubungan dengan Illumino Art – agency NFT yang menghubungkan musisi dengan seniman visual yang memiliki cita rasa tinggi. Dengan menggunakan musik dan gambar Two Feet serta seni dari FEWO, meeka menciptakan 4 piece collection.


Siapapun yang berbelanja “CryptoCaster” yang merupakan NFT limited edition seharga $999 akan diikutsertakan dalam undian untuk mengungguli 1-of-1 gitar fisik (model persis yang dipakai oleh Two Feet) yang dilukis oleh FEWOCIOUS. Respon yang ditemukan sangat membludak. Pada saat itu, mereka memecahkan rekor NFT terkait single music terbesar hingga ketika ini mencapai 1.1 juta dolar hanya dalam rentang waktu pemasaran 24 jam.



Gramatik gres saja memecahkan rekor lagi ahad lalu untuk musisi solo yang menghasilkan 1.5 juta dolar dalam rentang waktu 5 menit saja.


Meskipun ini ialah penjualan NFT drop pertamanya, Gramatik sendiri telah cukup mempunyai nama di industri crypto. Selain kerap berbicara di sosial media perihal cryptocurrency, dia juga kerap menghasilkan karya yang berhubungan dengan cryptocurrency. Pada tahun 2016, Ia meluncurkan lagu yang berjudul Satoshi Nakamoto yang merupakan nama dari pencipta Bitcoin. Pada 2017, dia meluncurkan token crypto nya sendiri. Kemudian di 2019, ia meluncurkan lagu yang berjudul Vitalik Buterin yang ialah nama dari pencipta platform Ethereum, mata uang crypto populer kedua di industri.


Untuk NFT drop nya, beliau meluncurkan lagu yang bernuansa crypto dalam bentuk NFT bersamaan dengan visual serta merilis 2 lagu langsung baru lewat 2 NFT lainnya. Ia juga telah membangun kredibilitas crypto selama bertahun-tahun dengan memiliki fanbase pengumpul yang mungkin bisa menjadi faktor pendorong untuk perilisan drop yang sangat berhasil.



Meskipun salah satu konsentrasi karya ini ialah untuk menawarkan bagaimana musisi menggunakan NFT dikala ini,  ada berbagai teladan yang dari kreator non-musik yang sebagian besar mempunyai riwayat melakukan pekerjaan dengan musisi di masa lalu.


Beeple berhasil menerima 3.5 juta dolar dalam waktu 24 jam sesudah perilisan terakhir.


Salah satu digital artist yang terpopuler di industri, Beeple membalikkan dunia NFT pada Desember 2020 dimana dia menyertakan produk fisik disamping pembelian NFT digital sehingga user yang membeli tidak hanya mendapatkan bahwa aset digitalnya aman tersimpan namun juga peti fisik yang meliputi layar digital kecil untuk menampilkan animasi visual. Ini juga tergolong akta dari keaslian dan sample dari rambutnya. Hal ini mampu dibilang mengubah industri secara keseluruhan. Selain seni selaku karya yang jago, hadirnya seni fisik juga dianggap sebagai salah satu aspek utama yang mendukung keberhasilan NFT.


penjualan NFT beeple


 


Mad Dog Jones telah menjadi drop yang paling berhasil sampai ketika ini dengan pemasukan hingga 3.9 juta dolar.


Mad Dog Jones, digital artist yang bekerjasama dengan seniman lain mirip Run the Jewels dan deadmau5, gres-baru ini memiliki pendapat drop tertinggi hingga dikala ini  dimana 3.9 juta dolar dihasilkan dalam waktu 24 jam. Kombinasi hype seputar Nifty Gateway dan Mad Dog membuat pengumpul menghimpun NFT selaku kunci untuk memecahkan teka-teki yang membuat perilisan drop terbarunya Crash+Burn sukses besar.



Justin Roiland memasarkan lukisannya senilai lebih dari 1 juta dolar.


Kita menyaksikan adanya pembuat konten dari program populer mirip Rick & Morty yang juga terlibat di NFT. Desainer utama Justin Roiland merilis koleksi gambar orisinil termasuk salah satu yang paling terkenal dari The Simpsons berjudul “The Smintons”. Dia menghasikan lebih dari 1 juta dolar dalam kemitraan dengan Nifty Gateway.




Sumber mesti di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama