Apa Sih Istimewanya Membangun Email List? (List Building Part.2)

Ijinkan saya curcol dahulu eh.. bercerita maksud saya,


Main fokus saya ketika terjun di bisnis online yakni graphic design, list building & product creation karena dari situlah saya mendapatkan duit yang tidak mengecewakan untuk menghidupi saya dikala itu dan di simpulan tahun 2010 simpulan saya terpengaruhi dengan yang namanya “Adsense” menurut aku ini yaitu THE BEST MONEY MAKER saat itu, bagaimana tidak? yang saya lakukan tiap hari ialah tekun mengupdate artikel di blog selama 1-2 jam dan berkat tunjangan sahabat aku Habibie Afsyah, Ardy Pratama & Fadhli 3 bulan lalu aku memperoleh nikmatnya penghasilan ‘pertama’ dari google adsense.


email list photo
Photo by mark sebastian

Akhirnya semua pekerjaan tentang blog semua saya ‘Outsource’ a.k.a sewa karyawan dan hanya membutuhkan sedikit campur tangan saya alasannya yang saya pertimbangkan waktu itu adalah bahwa ini ialah bisnis “long term” ini yaitu bisnis periode depan! berdiri tidur check earning sebelum tidurpun check earning… AMAZING! ngga heran pemain adsense sering di sebut pengangguran ya sebab begini kerjanya….


Dan gilanya aku……


Nyaris aktivitas design, affiliate dan product creation aku tinggalkan ketika itu dan aku cuma berfokus membangun blog-blog gres, sampai pada balasannya “bencana alam itu tiba” suatu update dari  google (baca: google panda) membabat habis 50% blog, toh…. saya tetep ‘don’t f*ckin care’ alasannya adalah beberapa blog saya yang the real money maker masih ada di search engine dan tetap saya masih mendapatkan pembayaran dari adsense, hingga bulan september 2011 itu tiba penghasilan saya ngga keluar! aku hubungi support adsense SEMUA NO RESPONSE mampu dikatakan penghasilan saya itu ngga sedikit dan yang lebih gilanya lagi SEMUA blog aku deindex!


Saya lepas semua iklan adsense dan terus menerus mengirimkan email ke support adsense, sadly ga ada balasan! dan pada bulan november adsense saya di BANNED! pemasukan aku hangus… jikalau anda pemain adsense anda niscaya tahu perasaan aku dikala itu… GALAU berat! Pkiran saya waktu itu “Adsense yakni bisnis yang sungguh riskan, dimana google lah yang mengatur seluruhnya”


Akhirnya berkat bantuan sobat saya Maulana Malik saya kembali lagi ke product creation dan list building, dan aku sadari sesudah aku menekuni (kembali) list building bagi saya ini adalah the REAL business, sebab mebnagun list beda sekali dengan membangun blog, semisal jika anda membangun blog ketika blog anda di deindex atau di banned sangat sulit mengembalikkan posisinya di search engine berlawanan dengan ‘pelihara’ list dimana jikalau mereka sudah stay di dalam list kita mereka akan terus mampu kita monetize selama mereka masih hidup dan menerima email offer dari kita… dan pastinya tidak unsubscribe 😀


Bayangkan saja aku dulu ketika permulaan-permulaan membangun list, saya cuma memiliki list 1000-an dan berapa earning yang saya peroleh waktu itu? berkisar antara $1k – $2k/month dan alhamdulilah sekarang list saya sudah bertambah besar dan semkain besar pula pendapatan masuk ke kantong tetapi saya ‘belum’ ada apa-apanya dengan ‘sang legenda’ list building indonesia Heri Rosyadi yang memiliki lebih dari 100.000 email list.


Hhmmm…. anda bisa bayangkan earning yang beliau dapatkan tiap bulannya! bahkan sobat saya Maulana Malik ‘mengagetkan’ aku dia menciptakan lebih dari $700/day dari 1 email blast sewaktu promo produk aku di WSO dan ia pun juga kaget…. padahal Maulana belum lama mempelajari list building.


Dan lebih enaknya kalau list anda sudah besar anda ngga perlu lagi cape-cape bikin-membuatproduk untuk dijual anda tinggal cari produk untuk di affiliasikan kemudian di ‘Blast’ aja! earning masuk ke kantong anda, Enak? memang enak pada karenanya…. tetapi semua pasti ada prosesnya 😉


Sama halnya mirip anda membangun blog, bedanya disini anda membangun email list yang responsif yang setia setiap ketika menerima penawaran dari anda… bila mereka telah senang dengan anda mereka akan membeli ‘apapun’ yang anda tawarkan bahkan saya memiliki beberapa customer yang berbelanja semua produk yang saya tawarkan, saat hal ini saya tanyakan kepadanya:


“kenapa kamu membeli nyaris semua yang aku tawarkan?” jawabannya simple “karena kau yang menawarkannya, jika yang lain belum tentu saya mau beli”


Jawaban itu tentu saja menciptakan aku terkejut… alasannya jika mereka telah suka dengan anda mereka akan berbelanja meskipun mereka belum pasti membutuhkan produknya..


Ok deh gitu aja dongeng kali ini, aku harap anda sadar kini betapa pentingnya membangun sebuah email ist untuk bisnis anda 😉


Saya jadi teringat apa kata ‘mentor’ aku “Agung, bila kamu mau sukses di bisnis internet tirulah apa yang guru-guru di internet lakukan. perhatikan cara mereka berpromosi kamu contek dan aplikasikan tanpa keraguan”


Dan list building yakni salah satu senjata paling ampuh para GURU di internet marketing


Photo by mark sebastian



Sumber mesti di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama