Para pengusaha online punya segala cara untuk memberikan produknya biar bisa menggaet pembeli dan melakukan penjualan. Hal yang penting dari jualan online adalah pendiskripsian dari apa yang kita tawarkan.
Jika Anda menggunkan situs web untuk menunjukkan sesuatu jasa atau produk Anda pastinya membutuhkan Landing page untuk menunjukkan jasa dan barang yang ingin Anda tawarkan.
Untuk Anda yang telah bergumuldi dunia digital Marketing atau online shop mungkin telah sungguh familiar dengan Landing page. Jika Anda masih merasa abnormal dengan ungkapan tersebut mungkin inilah waktunya untuk memboost bisnis online Anda lewat Landing page.
Bergulat dalam dunia digital memang harus mempunyai kreatifitas yang bisa membuat orang terbius dengan apa yang kita miliki. Kemudian jika orang sudah terbius maka dengan mudah kita akan mensugesti orang untuk melalukan apa yang kita kehendaki.
Sebenarnya apa itu Landing page?
Landing page sendiri terdiri dari kata landing yang tentunya mendarat sedangkan page artinya halaman. Dari artinya kita sudah mampu mengerti bahwa Landing page yaitu halaman pendaratan. Tentunya pendaratan yang dimaksud disini yakni kawasan pendaratan ketika kita meng klik sebuah link pada penelusuran keyword .
Landing page ini bermaksud semoga para pencari keyword akan eksklusif diarah ke halaman yang berisi sesuai dengan kata kunciyang kita ketikan.
Sebagai contoh ketika kita mencari keyword ” tutorial wordpress ” maka Landing page harus berisi wacana bimbingan wordpress juga. Atau saat mencari “produk pelangsing” maka landing page juga mesti mengandung tentang produk yang bisa melangsingkan badan.
Landing page sama artinya dengan arah yang mau dituju saat kita mengklik keyword yang berada di google pada saat kita mencari sebuah keyword . Atau dengan bahasaa lain landing page memiliki karakteristik seperti selebaran jualan saat berdagang offline
Landing page mempunyai beberapa fungsi, salah satu fungsi dari Landing page adalah menjelaskan wacana kata kunciyang dicari, mendiskripsikan suatu barang atau jasa yang hendak di tawarkan dan juga untuk memberikan sebuah “action” terhadap para pencari keyword dan menunjukkan sebuah barang atau jasa yang kita punya.
Landing page juga biasa digunakan untuk tujuan pay per click (PPC) semoga mengetahui acara sebuah website
Fungsi lain dari Landing page yaitu menghasilkan sebuah sasaran yg diharapkan dari sebuah website. Jika bertambah banyak orang yang melaksanakan pengeklikan pada situs web maka akan semakin banyak orang yang melihat Landing page kita. Untuk itu Landing page harus dibuat semaksimal dan sebagus mungkin.
Selain itu Landing page ternyata juga dapat menghasilkan leads. Jika Anda menciptakan Landing page yang berkualitas dan gampang diketahui tentunya orang yang membaca akan senang. Dan ini akan mensugesti para pembaca semoga menyaksikan situs web secara lebih lama. Karena jikalau kian banyak orang yang berkunjung ke website kita maka bertambah banyak pula leads yang masuk yang hendak meghasilkan selling yang sukses pastinya. Bukankah tujuan awal Landing page tadi untuk menarget lead pembaca dan rampung closing ?
Dari segi financial ternyata penggunaan Landing page mampu mengurangi cost untuk iklan website. Hal ini dikarenakan dengan beriklan lewat adwords dengan meggunakan lading page akan meminimalisir biaya per kliknya. Sangat efisien bukan?
Baca juga: Kesalahan Fatal Yang Harus Dihindari Dalam Menentukan Targeting Keyword/Kata Kunci di Google Ads
Tak kalah pentingnya dengan memakai Landing page situs web Anda akan gampang dimengerti alasannya Landing page mengandung diskripsi lengkap yang telah dapat merangkum isi dari website kita. Dengan begitu hanya dengan menyaksikan Landing page saja pengunjung website Anda akan mampu menyaksikan dengan jelas apa saja yang ada dalam situs web Anda.
Mengapa harus menggunakan Landing page?
Landing page memiliki beberapa fungsi dan fungsi inilah yang mampu membuat Landing page menjadi begitu penting. Dengan memakai Landing page Anda mampu menerima leads yang Anda inginkan. Jika Anda sedang menawarkan barang maupun jasa akan lebih mudah untuk dimengerti karena biasanya akan lebih ringkas dan informative.
Dalam pengerjaan Landing page juga harus ada unsur gosip yang mampu menciptakan orang langsung mengetahui ihwal apa yang ditawarkan dalam Landing page maupun website itu sendiri. Bagi Anda para internet marketer pastinya Landing page yaitu ujung tombak yang akan menghipnotis bagaimana situs web akan berlangsung dengan traffic yang tinggi.
Dengan adanya Landing page semua akan dimudahkan, mulai dari para user hingga para internet marketer yang sedang berkutat dalam bidang digital marketing. Dengan adanya Landing page juga kita akan menerima list building yang nantinya dapat kita manfaatkan untuk penawaran-penawaran kita berikutnya. Sangat efektif bukan ?
Jika Anda menggunakan Landing page, visitor akan lebih focus pada produk yang kita tawarkan tanpa terusik ataupun terpecah konsentrasinya mirip halnya dikala mereka melakukan scrolling di sosial media atau pun situs web yang penuh dengan iklan dan juga penawaran lain.
Landing page akan mampu memfokuskan visitor atau pembaca dalam membaca dan mengerti suatu produk yang Anda tawarkan sehingga kemungkinan closing akan lebih singkat.
Kaprikornus tanggapan dari mengapa Anda mesti menggunakan Landing page ialah sebab agar para visitor atau pembaca mampu focus dan tidak pecah konsentrasi ketika mendapatkan penawaran kemuadian akan selsai degan menciptakan closing yang cepat.
Landing page sendiri mempunyai banyak sekali macam jenis, dan berikut yaitu macam-macam Landing page yang umum digunakan:
Squeeze page/ Optin page
Untuk Landing page ini bertujuan untuk menangkap dan menghimpun list email dari pada visitor yang lalu akan menjadi daftar pelanggan ,bagi Anda semoga untuk berikutnya mampu dikirimi penawaran-penawaran. Biasanya list building ini dilakukan oleh para email marketing untuk membangun enggagement.
Selain itu bagian-bab dari squeeze page ini biasanya memiliki form untuk daerah dalam memasukan email atau data diri dari visitor atau pembaca. Jika telah masuk database maka lakan lebih gampang untuk membangun system yang nantinya bisa digunakan untuk melaksanakan penawaran khusus yang lain.
Kemudian juga ada headline yang ialah judul yang dapat mewakilkan apa yang akan ditawarkan. Ini berarti inti dari penawaran kita, bisa juga Anda memasukan bonus yang diperoleh bila mengisi form dari Landing page tersebut.
Bagian lain dan terakhir yakni benefit, tentunya benefit ini di masukan biar dapat berkembangtrust dari para pembaca. Sehingga visitor akan senantiasa meneruskan untuk membaca dan memasukan emailnya untuk mendapatkan penawaran dari kita.
Orang yang memperlihatkan data pada form umumnya yakni orang yang benar-benar tertarik dengan penawaran kita. Sehingga itu ialah memiliki peluang lead yang mampu kita kelola untuk kesudahannya melaksanakan pembelian.
Sales page
Dari namanya saja sudah mampu kita ketahui bahwa ini yaitu page untuk melaksanakan penawaran yang berujung pemasaran. nah lazimnya Sales page ini digunakan untuk penawaran produk dan juga pendiskripsian produk pada halaman Sales page.
Tentunya Sales page memiki tingkat kelengkapan yang dapat mendukung promosi dari Landing page. Untuk itu Anda harus mampu membedakan dan juga menerangkan lebih lengkap tentang produk kita itu sendiri.
Dengan Sales page Anda mampu menunjukkan apapun juga, alasannya bangaimanapun ini yaitu ujung tombak dari sebuah situs web. Sales page ialah kesatuan banyak sekali part dari keseluruhan page yang membangun suatu Landing page yang bisa mensugesti para user. Ibaratnya Landing page yakni suatu brosur yang dibagikan terhadap orang-orang biar mereka membacanya
Dengan menciptakan Landing page yang menawan pastinya orang akan terpesona untuk membacanya sampai simpulan. Sehingga kesempatan untuk menambah leads dan meraih selling akan lebih banyak dan menjadi lebih besar. Bagian-bagian Sales page mempunyai berbagai bab dan berikut inia adalah bab-bagian yang menyusun sebuah Sales page:
Baca juga: 11 Fitur Gratis Dari Program SEO Berbayar Yang Bisa Dipakai Sekarang Juga
1. Headline
Dari semua bagian Landing page, headline ialah bab yang paling penting karena akan besar lengan berkuasa terhadap para pembaca. Apakah mereka akan melanjutkan membaca apakah hanya sampai sini saja.
Tentunya untuk menciptakan headline yang menarik mesti mempunyai skill copywriting yang cukup biar bisa menciptakan headline yang membuat para pembaca menjadi penasaran untuk membaca dan lagi.
Headline atau lazimdisebut kepala dari Landing page sangat besar pengaruhnya, sehingga headline yang bombastis akan menciptakan orang pesaran dan pastinya akan menolong untuk memperbesar traffic pada Sales page Anda.
2. Subheadline
Untuk memperkuat headline sudah kau buat maka diharapkan yang namanya sub headline. fungsi dari subheadline ialah untuk mendukung headline agar lebih terang lagi. Sub headline dibutuhkan untuk agar headline makin kuat sehingga pembaca akan menuntaskan pada saat membaca Landing page.
3. Pengantar
Struktur Landing page yang baik tentunya mempunyai sebuah penyelesaian yang dapat menyelesaikan masalah dari para pencari keyword.
dengan adanya pengirim yang berisikan latar belakang dilema yang mampu mengandung hambatan yang dialami oleh pencari keyword lalu kesulitan apa yang dihadapi oleh visitor hingga mereka tiba untuk mencari penyelesaian.
dengan kata lain. bagian dari pengirim ini yaitu ihwal problem-dilema yang dihadapi oleh sasaran market. Pada karenanya sesudah menuangkan aneka macam duduk perkara yang dihadapi visitor Anda mempunyai solusinya dari masalah itu di dalam produk atau jasa yang Anda tawarkan.
4. Perkenalan produk
Jika Anda menciptakan Sales page pastikan Anda menunjukan produk yang Anda tawarkan dengan gambar yang bisa menyuruh foto dari Produk yang ditawarkan dalam Sales page. Dengan memakai foto produk, visitor akan mampu membayangkan produk yang Anda tawarkan. Sebisa mungkin gunakan foto yang menarik perhatian sehingga mereka akan tertarik untuk mendalami produk Anda
5. Fitur dan Benefit
Bagian dari fitur dan benefit tentunya juga tidak kalah penting alasannya adalah dengan adanya klarifikasi dari fitur yang akan didapatkan ketika orang menggunakan produk itu. Calon pembeli juga akan lebih senang dikala ada benefit atau laba yang hendak merekea peroleh saat memakai produk Anda. untuk itu pastikan adna menjelaskan manfaaat yang mau mereka peroleh saat memakai produk yang ditawarkan.
6. Call to action
Setelah aneka macam penjelasan diatas maka pembeli akan mengajukan pertanyaan wacana cara membeli produk yang telah mereka baca penjelasnya. Untuk itu dibutuhkan suatu call to action untuk melakukan pembelian.
Sales page mesti mengandung call to action biar visitor tidak kebingungan pada saat akan memutuskan untuk membeli produk tersebut.
Biasanya call to action berbentuktombol yang dapat yang bertuliskan “Beli sekarang” untuk Sales page yang berdagang produk biar mereka langsung bisa membelinya. Kemudian untuk Sales page yang menunjukkan member atau keanggotaan Anda bisa menambahkan dengan tombol “Gabung sekarang” atau “Daftar Sekarang”
untuk Sales page tunjangan tombol ini umumnya lebih dari satu, idealnya tiga tombol untuk satu Sales page agar visitor tidak butuhmencari kembali tombol yang harus mereka klik ketika berminat untuik berbelanja.
7. Testimoni
Hal yang perlu diamati dalam berdagang online yaitu testimoni. Penggunaan testimoni ini sangat penting alasannya dapat membangun keyakinan dari customer yang ingin berbelanja produk kita.
bukankah Anda jika membeli barang senantiasa menyaksikan testimoni maupun review dari barang yang mau Anda beli?
begitu pula yang berlaku diLanding page. Anda bisa menambahkan testimoni untuk memajukan dapat dipercaya dari barang yang dijual kepda kandidat pembeli.
testimoni ini mampu berbentuk screenshot dari percakapan dengan customer yang puas dengan pelayanan Anda. disamping itu testimoni juga mampu disisipkan dalam bentuk video yang mampu diputar di Landing page.
Bagaimana membuat Landing page yang bagus ?
Seperti yang telah disampaikan diatas bahwa Landing page yang baik mesti mempunyai bagian-bab yang saling melengkapi dan menjadi suatu kesatuan yang akan membentuk Landing page yang menjual.
Dengan mempunyai Landing page yang anggun maka itu akan mempunyai koversi yang besar karena customer akan terbius dengan Landing page/ Sales page yang mewakili suatu website penjualan supaya mampu mengahasilkan closing bagi produk yang Anda tawarkan.
Dalam menciptakan Landing page Anda juga harus mengamati teks, gambar beserta vidio yang Anda masukan.
Untuk mengkombinasi ketiga komponen ini biar menjadi konten yang elok memang harus mempunyai kreativitas yang baik untuk itu tentukan Anda memilih jenis teks yang mudah dibaca oleh visitor dan juga penggunaan warna yang cocok dengan psikologi warna.
Jika Anda memasarkan makanan maka sesuaikan dengan warna yang mampu merepresentasikan masakan yang Anda juga. begitu pula kalau Anda memberikan jasa Anda juga mesti hati-hati dalam pemilihan warna design pada Landing page.
Baca juga: Cara Efektif dan Efisien Menurunkan Bounce Rate Agar Blog Disenangi Google
Pemilihan teks yang baik dan juga penggunaan warna yang tepat pada rancangan Landing page juga akan mempengaruhi si hadirin dalam melakukan pembelian atau tidak.
Tentunya adaptasi ini juga akan menjadi tolak ukur bagaimana menciptakan Landing page yang bagus itu mirip apa.
Dalam pengerjaan Landing page juga mesti memiliki prinsip AIDA atau kependekan dari Attention, Interest, Desire, dan juga Action.
Attention Anda mesti mampu menangkap perhatian dari para membaca. hal ini bisa menggunaka teknik skill copywriting untuk membuat Landing page. Attention ini bisa kita terapkan didalam bab Headline dan subheadline supaya pembaca menjadi kesengsem dalam satu kali kedipan mata.
Jika telah mampu menarik minatmaka lanjut ke step berikutnya Selain itu Anda juga harus mengamati “interest” yang dibuat lewat bab-bagian yang sudah saya jelaskan diatas sehingga akan tampaklengkap ketika ada user yang membaca. Interest akan tercipta jikalau Anda meletakkan argumentasi mengapa visitor mesti berbelanja produk kita.
Selanjutnya Desire juga tak kalah pentingnya harus mampu menawan visitor untuk membaca sampai selesai sehingga bisa membuat mereka memerlukan produk yang disediakan. Dengan goresan pena yang ada di Landing page membuat visitor terbuai. Dengan menunjukkan keuntungan dari produk customer akan kian ingin membeli produk itu.
Setelah semua lengkap Kemudian yang terakhir yakni action yaitu mampu menciptakan orang yang membaca akan menetapkan dan mengambil langkah-langkah untuk berbelanja produknya dan meng klik tombol beli. Yang harus dikuasai ialah kalimat yang persuasif di setiap kaliamat di Landing page.
Pastikan Anda membuat Landing page yang dapat merepresentasikan produk yang Anda tawarkan alasannya adalah bagaimanapun sebagai orang tertarik dengan dunia digital harus mengetahui apa yang bisa mempermudah dan menunjukkan efisien waktu dan ongkos.
Membuat landing page atau sales page memang memerlukan kreatifitas tinggi. Untuk itu pastikan membuat sales page yang bisa membuai pembaca
Dalam pengerjaan Landing page jangan sampai lupa menciptakan yang responsive dan juga mobile friendly kerena bagaimanapun kini ini lebih banyak orang yang mencari info di Smartphone mereka dibandingkan mesti membuka laptop atau komputer sehingga dalam membuat Landing page pun Anda harus menyesuaikan kebutuhan para user.
Pada dikala membuat Landing page juga Anda harus mengamati tata letak supaya tidak amburadul. Sebenarnya membuat Landing page sangat mudah, Anda bisa belajar membuat Landing page melalui tools berikut.
1. Launchrock
Untuk tools pengerjaan Landing page ini sungguh mudah digunakan sebab memiliki template yang sudah tersedia sehingga kita tinggal mengedit ulang tamplate yang telah ada. Tools ini mempunyai dua model, model yang free atau tidak berbayar dan juga yang berbayar sebesar 5$ perbulan.
Dengan harga tersebut bisa dikatakan termasuk murah dibanding dengan yang yang lain. Untuk para pemula aku merekomendasikan untuk memakai yang versi tidak berbayar terlebih dulu.
2. Facebuilder
Tools satu ini sepertinya mampu dibanggakan karena tools milik anak bangsa ini tidak kalah menariknya untuk menciptakan Landing page. keuntungan lain dari facebuilder ini yaitu mampu mengkloning Landing page sehingga kita mampu mengeditnya sesuai dengan keperluan.
Selain itu dengan menggunakan tools ini Anda tidak perlu membeli hosting dan domain apalagi dulu sebab tools ini bisa dipakai tanpa domain dan hosting.
3. Optimize press
Salah satu tools yang dapat digunakan untuk membuat Landing page ialah Optmize press, untuk menciptakan Landing page Anda bisa memakai optimize press yang memiliki fitur lengkap yang dapat membantu Anda dalam membuat Landing page secara cepat dan fitur yang lengkap pastinya.
3. Elementor page builder
Dan tools yang bisa dipakai untuk membuat Landing page selanjutnya yaitu elementor page builder. bantu-membantu ini yakni salah satu plugin wordpress yang dapat digunakan untuk menciptakan Landing page. plugin ini termasuk baru namun sudah banyak yang memggunakannya alasannya mempunyai keunggulan yang dikala dipakai sangat ringan.
Baca juga: 8 Plugin Dari WordPress Yang Wajib Ada Di Blog Anda
Untuk Anda pemula saya mengusulkan Elementor sebab sanga easy to use sehingga Anda tidak akan kebingungan ketika membuat.plugin ini bisa Anda install di wordpress untuk mulai membuatnya.
Dalam membuat Landing page harus mampu menggunakan tools yang paling mudah digunakan.dari tools yang aku sebutkan itu mungkin elementor page builder perlu Anda coba.
Landing page ialah tolak ukur bagi Produk yang Anda tawarkan, sebisa mungkin buatlah Landing page yang mampu menawik perhatian orang agar dapat menerima engagement dari customer.
Intinya jika Anda terjun dalam dunia Online shop atau digital marketing pastinya Landing page yaitu ujung tombak yang hendak menentukan produk yang Anda tawarkan mampu bermanfaat bagi orang lain dan juga akan menimbulkan profit.
Sumber mesti di isi