Siapa yang tidak kenal dengan idol grup yang sudah lama naik daun dan mempunyai fans yang terbilang sangat banyak. JKT48 selaku idol grup besutan perusahaan jepang yang juga memproduseri AKB48, mulai menuai banyak penghargaan, salah satunya yaitu penghargaan MarkPlus New Wave Marketing Recognition awards 2013 dari MarkPlus Inc. dalam sebuah program tahunan MarkPlus Conference. Pada akun twitternya JKT48 mengucapkan banyak syukur terimakasih atas dukungan para fansnya selama ini. Penghargaan ini dipersembahkan untuk semua penunjang dan pihak yang menjinjing JKT48 sampai bisa mirip ini.
Lalu muncul pertanyaan bagaimanakah cara JKT48 menerima award dalam bidang marketing tersebut? Tentu dengan perjuangan para administrasi dan anggotanya. Namun seni manajemen marketing apakah yang dipakai oleh JKT48 untuk memasarkan produknya? Mari kita lihat kebelakang dikala 2012 permulaan, waktu mereka pertama kali muncul ke publik. Pada dikala itu semua penduduk bertanya-tanya, siapakah idol group dengan personil yang super banyak ini? Memang pada dikala itu girlband tengah booming, tetapi tidak ada yang seramai personil JKT48 yang era itu jumlah personilnya meraih 26 orang. Mereka memulai acara penawaran khusus mereka dengan cara membagikan selebaran di mall FX Jakarta untuk memperkenalkan diri, ternyata tanggapanmasih sungguh jelek waktu itu, alasannya belum ada yang mengenal siapa itu JKT48.
Memasuki pertengahan 2012 mereka mulai merilis video klip berjudul heavy rotations dan video profil para member yang berisi keinginan, usaha dan keinginan para member di JKT48. Tidak didugalewat promosi via youtube, JKT48 mulai meningkatkan fansnya. Ditambah lagi seringnya JKT48 mengisi acara-program musik pagi hari, memastikan langkah JKT48 untuk lebih dikenal. Pada ketika itu fansnya telah terbilang banyak. Lanjut dengan memasarkan photopack, ialah lembaran foto personil JKT48, dan beberapa SWAG atau merchandise lain seperti kaos, light stick, sapu tangan dan poster selaku media pendekatan mereka ke para fans. Akhirnya pada tahun 2012 final, JKT48 membuka theater pertama yang berisi 16 lagu dengan durasi 2 jam. Ketika theater dibuka, sudah ribuan fans JKT48 yang sungguh antusias untuk menonton.
Berbekal motto “idol you can meet everyday” JKT48 membuka keleluasaan untuk berinteraksi dengan fansnya setiap hari. Jika ingin bertemu dengan mereka tinggal tiba ke theater dan menonton pertunjukannya.Setelah program pun anda mampu berjabat tangan dengan para anggota JKT48 yang tampil pada hari itu, fans mampu saling bertegur sapa dan bertatap paras eksklusif tanpa jarak sedikitpun dengan idola mereka. Sebuah rancangan yang tidak pernah digunakan oleh musisi lain, dimana sungguh susah untuk bertemu langsung dan bertatap wajah dengan artis pujaan, JKT48 mempergunakan hal tersebut. Efeknya yakni theater semakin ramai dan mulai menjadi buah bibir di tabloid dan majalah ibu kota.
Singkat kata, JKT48 membuat OFC yang kependekan dari “Official Fans Club” dengan menunjukkan banyak keistimewaan kalau menjadi OFC, membuat banyak fans lazimberalih menjadi OFC untuk menikmati akomodasi yang tidak diberikan kepada fans biasa, mirip saluran ke beberapa program dengan JKT48 yang khusus hanya untuk OFC. Hal ini membuat ikatan yang berpengaruh antara fans dengan JKT48, yang mengakibatkan loyalitas pelanggan atau fans JKT48 kian meningkat.
JKT48 sekarang telah seperti yang kita lihat, puluhan ribu fansnya tersebar di Indonesia, apapun yang pihak administrasi JKT48 jual, sudah niscaya diserbu oleh fansnya. Bahkan kaos yang bergambar corat-coret gambar pada member yang terkesan umumpun laku dijual. Cara atau seni manajemen yang dilakukan oleh pihak administrasi JKT48 ini cukup baik untuk disertai oleh musisi lain yang mengusung tema serupa. Walaupun tidak akan gampang, sebab JKT48 mengusung konsepnya sendiri sebagai “overseas sister” dari AKB48 yang telah jauh lebih dahulu terkenal dibanding JKT48.
Sumber mesti di isi